Teknik

BEM FT dan SM FT 2018 akan Menyelesaikan UKT Semester 9

BEM FT dan SM FT 2018 akan Menyelesaikan UKT Semester 9

BEM FT dan SM FT akan mengangkat isu UKT Semester 9. Hal ini juga dipertegas dengan apa yang dibawa Ketua BEM FT 2018 pada masa kampanyenya. BEM FT pada periode ini akan fokus kepada isu pendidikan utamanya, yaitu pembahasan kaderisasi dan UKT Semester 9. Rencananya, isu UKT ini akan diangkat dengan syarat hanya untuk mahasiswa yang tinggal mengambil Tugas Akhir (TA) pada semester 9.

BEM FT berkaca kepada keberhasilan ITB yang bisa menurunkan UKT mahasiswa semester 9 hingga hanya membayar 20-30% dari yang seharusnya. Keringanan UKT tersebut hanya diberikan pada mahasiswa yang tinggal mengambil TA pada semester 9. “Setelah disurvey ke seluruh departemen di Fakultas Teknik bahwa semua mata kuliah semester 8 sudah diselesaikan, mungkin tinggal mata kuliah pilihan.” Jelas Azhar, Ketua BEM FT 2018.

Salah satu strategi peringanan UKT Semester 9 hanya untuk mahasiswa yang tinggal mengambil TA agar tidak terjadi kegagalan seperti sebelumnya. Pengusungan isu ini gagal karena rektorat beralasan penurunan UKT akan berbanding lurus dengan penurunan niat mengerjakan TA. Strategi itu dipilih untuk menunjukkan keringanan yang diusung untuk mahasiswa yang niat karena sudah tidak ada mata kuliah lain yang diambil.

“UKT Semester 9 udah menjadi fokus kita, karena tuntutan terbesarnya di fakultas kita.” ujar Daffa, Ketua SM FT 2018. Isu ini akan didorong ke universitas karena birokrasi fakultas cenderung bersifat melaksanakan kebijakan dari Rektorat termasuk permasalahan UKT. Senat Mahasiswa hanya memiliki power untuk membantu tugas BEM. Ranah kerja Senat untuk advokasi hanya untuk sarana dan prasarana sedangkan BEM memiliki ranah kerja advokasi UKT.

BEM Undip 2018 juga akan mengangkat isu pendidikan yang terfokus pada transparansi UKT. “BEM Undip akan membantu FT membahas UKT Semester 9 tetapi fokusnya ke transparansi UKT.” terang Azhar. Selain mengusahakan peringanan UKT Semester 9, BEM FT juga ingin mengusahakan adanya perpanjangan pengembalian UKT pada semester ini dengan batas lulus tanggal 4 Februari, tetapi untuk berkasnya bisa dilengkapi lebih dari tanggal 4 Februari.

“Anggaran belanja universitas disesuaikan di akhir tahun, di bulan November,” ujar Azhar “Dalam penyesuaian tersebut kita bisa memberikan kajian dan lain sebagainya,” jelasnya. Audit BPK terhadap Undip juga dilaksanakan setiap tahun dan mahasiswa juga akan diundang. Selain itu, sebentar lagi transparansi keuangan Undip untuk public akan diumumkan oleh rektorat. Dari angkatan 2014 belum ada pembicaraan ke BEM FT. “Harus mulai dari sekarang, dari mahasiswa, membuka obrolan mengenai UKT Semester 9 kepada kita,” jelas Daffa. (Momentum/Alfian)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018

Delegasi Undip Raih Juara III Dalam Call For Paper Week of Writing 2017

adminDecember 4, 2017