Prestasi

Mahasiswa FT Undip peraih 1st Runner Up Debate Competition dalam ajang PELTAC: Membuka Relasi, Mengukir Prestasi

Mahasiswa FT Undip peraih 1st Runner Up Debate Competition dalam ajang PELTAC: Membuka Relasi, Mengukir Prestasi

Johor Bahru, Malaysia – Rio Lutfi, delegasi jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknik Undip juga merupakan anggota Momentum FT Undip berhasil  meraih penghargaan 1st Runner Up Debate Competition dan menjadi salah satu Finalis Speech Competition di PELTAC (Professional Engineering Leadership Teamwork and Awareness Camp) yang diselanggarakan pada tanggal 25 sampai 30 Januari 2018  dengan tema “Soar with Might, Stand with Pride”  di Universitas Teknologi Malaysia, Johor Bahru, Malaysia. Dalam acara ini mahasiswa dilatih dalam bidang Kepemimpinan, Kewirausahaan, Public Speaking, Debate, Kesadaran, Kerja Sama dll .

PELTAC 2018 tidak hanya dipenuhi dengan kompetisi Debate dan Speech, namun juga ada materi-materi yang disampaikan oleh pembicara-pembicara terkenal dan berkelas Internasional. Terdapat materi tentang NLP ( Neuro Linguistic Programming ) beserta simulasinya, Public Speaking, How to Overcome yourself, Debate, Kewirausahaan dengan Cash Flow Game dll. Terdapat dua kompetisi di dalam PELTAC yaitu : Debate Competition dan Speech Competition, dimana Debate Competition memilih Best Speakers dari masing-masing tim untuk maju ke babak final, dan Speech Competition memilih Best Speakers dari setiap grup Penyisihan

Pada Debate Competition, mahasiswa dituntut untuk mempertahankan posisi pro dan kontra mereka dengan cara berpikir kritis dan cepat untuk mengeluarkan argumen-argumen yang bermanfaat untuk tim mereka dengan topik sudah ditentukan oleh panitia PELTAC beserta dengan pro dan kontranya. Best Speakers yang diambil dari setiap tim akan maju ke babak final untuk dibentuk menjadi tim pro dan kontra yang baru. Sementara Speech Competition, mahasiswa harus mampu untuk mengimplementasikan hal-hal yang sudah dipelajari pada seminar sebelumnya dalam berpidato di depan umum dengan daftar tema yang sudah ditentukan dan dapat mengambil tema yang paling dikuasai serta diminati untuk mempermudah dalam berpidato.

Dalam pengalamannya, Rio menceritakan bagaimana maju nya perkembangan Malaysia dalam banyak bidang. “Dulu sewaktu di Jerman, saya biasa saja melihat perkembangan negara Jerman itu karena memang mereka negara maju. Namun ketika melihat Malaysia, tetangga kita sendiri dan saudara kita, perbedaan mulai sangat terasa antara Indonesia dan Malaysia. Banyak hal bisa diambil dari negara Malaysia. Dan kalau kita mau mengembangkan Indonesia, kita harus belajar banyak dari negara lainnya, lalu kita coba terapkan pada Indonesia. Apalagi kita serumpun dengan Malaysia, jadi tidak ada yang tidak mungkin. Kalau mereka bisa, kita pasti juga bisa”

Rio juga menjelaskan bahwa PELTAC adalah sesuatu yang worth untuk dikejar dan diusahakan. “Gak akan nyesal deh ikut PELTAC. Semua nya worth it dengan pengalaman-pengalaman yang didapat dan network-network baru. Kita harus mau untuk keluar dan memperluas zona nyaman kita, jangan hanya di lingkaran kecil kita. Karena satu langkah saja kita keluar dari zona nyaman, banyak hal yang bisa didapat yang bahkan tidak banyak orang bisa dapatkan. Semua uang yang kalian keluarkan tidak akan terbuang sia-sia”. Dia berharap dengan ini, banyak mahasiswa Fakultas Teknik maupun fakultas lainnya ikut serta dalam Camp ini. Tidak hanya karena materi-materinya memang berkualitas internasional, namun pengalaman dan network yang didapat juga sangat precious untuk dilewatkan.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Prestasi

Mahasiswa Undip Lakukan Diagnosis Performa Hitung melalui Test of Second Mathematic (ToSM)

adminJune 5, 2018

Kesibukan Bukan Penghalang Untuk Berprestasi

adminMarch 26, 2018

Delegasi Undip Raih Juara III Dalam Call For Paper Week of Writing 2017

adminDecember 4, 2017

Keren: Peneliti Undip Berhasil Membuat Robot Lengan Seperti Dr.Octopus dalam Film Spiderman

adminSeptember 18, 2017

TESTIMONI PIMNAS 2017 ALA TEKNIK

adminSeptember 17, 2017

PSMT Undip Raih Silver Medal di 4th Singapore International Choral Festival

adminJuly 20, 2017