Event

Aksi Mengedukasi Kebijakan Student Loan

Aksi Mengedukasi Kebijakan Student Loan

Momentum, Semarang – Jumat, 13 April 2018 pukul 14.00 WIB telah dilaksanakan aksi kampanye mengenai Student Loan di Bundaran Universitas Diponegoro, Tembalang, Semarang. Dalam Press Release aksi kampanye Student Loan tersebut dijelaskan tujuan pelaksanaan kampanye untuk memberikan pencerdasan kepada mahasiswa Undip mengenai Student Loan yang merupakan pinjaman dana pendidikan yang dikembalikan setelah lulus atau memperoleh pekerjaan dalam waktu yang ditentukan. Aksi tersebut dikoordinatori oleh Ahimsha Cikal Kalis dan dilakukan oleh 15 mahasiswa dari Bidang Sosial Politik BEM Undip dan Laskar Diponegoro dengan cara melakukan orasi dan pembacaan puisi.

“Kampanye ini dilakukan untuk memberikan edukasi terhadap mahasiswa Undip tentang adanya sistem kredit pendidikan, terkait Rektor Undip yang telah menadatangani kontrak dengan bank BTN bersama dengan 25 Universitas lain di Indonesia,” terang Faiq Hidayatullah selaku Kadiv Aksi Propaganda Sospol BEM Undip. Ia menghimbau kepada mahasiswa untuk berhati-hati dan mempelajari sisi positif dan negatif serta sumber hukum yang berhubungan dengan Student Loan. Namun, terkait dengan dampak yang diperoleh setelah lulus ataupun pengaruh dalam pekerjaan nantinya, masih belum bisa dipastikan karena belum adanya kepastian akan kebijakan tersebut.

Surat Keputusan Rektor yang mengatur Student Loan sendiri belum dikeluarkan karena masih merupakan wacana dari Presiden Joko Widodo. Tetapi hal ini tidak menghalangi mitra-mitra bank untuk mulai berlomba-lomba menjalin kerjasama dengan pihak-pihak Universitas. Kesempatan ini digunakan oleh para mahasiswa untuk mengkaji dan menimbang dampak baik dan buruk dari penerapan kebijakan ini nantinya. Sebagai bahan pertimbangan, kegagalan Student Loan di Amerika Serikat dan keberhasilan di Australia dan beberapa negara lainnya turut dijadikan sebagai dasar kajian.

Aksi pencerdasan yang dibuka dengan orasi ini ditutup dengan pembacaan puisi oleh salah satu perwakilan Laskar Diponegoro dari Fakultas Kedokteran. “Dengan adanya kampanye ini, saya harap dapat menghasilkan opini-opini dari mahasiswa dan akan ramai saat diskusi akbar nanti dengan fakultas-fakultas lain juga dan dapat terbentuk suatu opini publik dengan atas nama mahasiswa, sehingga kajian mengenai Student Loan yang sempat dilakukan namun kurang kuat dalam opini, akan menjadi kuat dengan banyaknya opini dari mahasiswa setelah dilakukannya aksi kampanye tersebut,” harap Faiq. (Momentum/ Tifani dan An Nisa/Dhila)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

Kuliah Kerja Nyata 2018: Inspiring, Empowering, Jaga Integritas

adminJuly 12, 2018

Peluncuran dan Peresmian Kapal yang akan Berlaga di Prancis

adminJuly 9, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

Rutinitas Aksi Buruh, Didengarkah oleh Pemerintah?

adminMay 6, 2018

Catatan Najwa : “Pilihlah Aku Jadi Calegmu” Pemimpin, Politisi, Dan Kebijakan Student Loan Di Mata Menteri

adminApril 21, 2018

Pembukaan POR Teknik

adminApril 20, 2018