Event

Empat Pondasi Menuju Indonesia 2045

Empat Pondasi Menuju Indonesia 2045

Semarang, Momentum – Senin (09/04/2018), telah berlangsung Kuliah Umum oleh Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.S., Ph.D. selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam rangka Dies Natalis FEB Undip ke-58. Kuliah umum kali ini dilaksanakan di Gedung Prof. Soedarto, S.H Universitas Diponegoro dengan mengangkat tema “Digital Disruption : Peluang dan Tantangan Membangun Pondasi Ekonomi Indonesia 2045”. Acara turut dimeriahkan oleh Direktorat Bea dan Cukai yang menampilkan simulasi pelacakan narkoba oleh Unit K9.

Acara yang diselenggarakan mulai pukul 07.00 WIB ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen serta rektor dan jajarannya dari beberapa perguruan tinggi. Selain kuliah umum, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara juga mendirikan stand yang mengenalkan salah satunya Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi atau yang disingkat dengan SAKTI.

Dalam pidatonya yang berlangsung kurang lebih satu jam, Menteri Keuangan Republik Indonesia menyebutkan bahwa untuk membangun pondasi yang kuat bagi Indonesia di masa depan dibutuhkan pemikiran yang juga berorientasi pada masa depan. Beliau memberikan contoh pemikiran yang dimiliki oleh Diponegoro, sesuai dengan isi buku karya Peter Carey yang menceritakan tentang sosok Pangeran Diponegoro dengan gagasan-gagasannya yang ternyata sangat relevan untuk masa sekarang.

“Pondasi yang baik bagi Indonesia menuju 2045 dengan manusia Indonesia yang jumlahnya lebih 250.000.000 dengan teknologi yang terjadi, maka dia membutuhkan empat hal. Satu,manusianya. Kedua,kualitas dari infrastruktur. Ketiga, kualitas dari kelembagaannya,  dan keempat, pondasi yang penting adalah policy,” jelas Sri Mulyani. Beliau juga menambahkan harapan untuk Undip sebagai suatu civitas akademika yang merupakan suatu institusi lembaga pendidikan untuk mampu menjadi pemberi solusi untuk membangun empat pondasi yang beliau sebutkan sebelumnya. (Momentum/An Nisa/Dhila)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019

Dari Puan Hingga Vidi, Penutupan ODM Undip Hadirkan Nuansa Toleransi dan Persatuan

adminAugust 19, 2019