Ristek

Ksatria Hydros Siap Ikut Ajang Internasional

Ksatria Hydros Siap Ikut Ajang Internasional

Semarang, Momentum – Kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Hydros Foundation akan kembali diselenggarakan tahun 2018 ini, tepatnya tanggal 2-9 September 2018 di Saint Tropez, Perancis. Ajang yang dinamakan Hydrocontest ini bergerak dalam bidang efisiensi penggunaan energi pada kapal yang dijalankan menggunakan remote control. Tahun ini, S1 Teknik Perkapalan berkolaborasi dengan D3 Perkapalan dan Teknik Elektro Universitas Diponegoro akan mengikuti ajang desain kapal internasional ini dengan tim riset yang dinamakan Ksatria Hydros demi mengharumkan nama Undip.

Berbekal dari club mahasiswa Teknik Perkapalan yakni Hydro Modelling Technology Club, kepala tim riset Ksatria Hydros bagian teknis, Rakhmat Aizzat Wahid, percaya bahwa sumber daya mahasiswa yang ada mampu bersaing di kancah internasional. Dengan tekad serta visi yang kuat, terbentuklah tim riset yang dinamakan Ksatria Hydros yang terdiri dari divisi teknis dan non-teknis pada bulan November 2017 lalu. Tim yang terdiri dari 20 orang ini terdiri dari mahasiswa S1 Teknik Perkapalan, D3 Perkapalan, serta Teknik Elektro angkatan 2015, 2016, dan 2017.

“Kita ini dari Universitas Diponegoro, universitas kita membawahi nama seorang pahlawan, kita pun dilahirkan sebagai calon-calon pemenang. Dari nama Ksatria Hydros ini diharapkan kami dapat mengharumkan nama universitas bahkan nama bangsa tentunya dalam bidang kami yakni Teknik Perkapalan. Intinya tim ini merupakan sebuah tim yang memiliki jiwa kepahlawanan untuk memajukan maritim Indonesia”, jelas Rakhmat Aizzat Wahid, kepala tim riset bagian teknis.

Setelah terbentuk nama tim tersebut, Ksatria Hydros melakukan studi banding ke ITS dan UI. Hal ini ditujukan untuk mencari pengalaman dan pembelajaran dari universitas lain yang sudah pernah mengikuti ajang kompetisi internasional tentang kendala-kendala yang ada saat berlomba. Desain pasti kapal didapat setelah melakukan studi tersebut dan barulah dilakukan produksi mulai tanggal 26 Maret 2018. Sejauh ini, produksi kapal sudah mencapai 40% dan lebih maju satu minggu dari waktu yang sudah ditargetkan.

“Kami bekerja setiap hari Senin sampai Kamis pukul empat sore sampai dua belas malam. Di hari Jumat mulai dari pukul empat sore sampai dini hari dan di hari Sabtu mulai dari pagi sampai dini hari. Di hari Minggu kami full libur untuk istirahat”, ujar Rakhmat Aizzat Wahid, kepala tim riset bagian teknis.

Nantinya delapan orang dari tim inti Ksatria Hydros akan diberangkatkan ke Saint Tropez untuk mengikuti rangkaian lomba di sana. Adapun dana yang diperlukan sekitar Rp 200.000.000 dan sampai sekarang sudah terkumpul sekitar Rp 12.000.000. Kendala terbesar dari perlombaan-perlombaan internasional sebelumnya terletak pada dana yang tidak mencukupi. Berbagai kendala yang dialami tim-tim sebelumnya telah dianalisis oleh tim Ksatria Hydros supaya segala upaya yang telah mereka lakukan berjalan seperti yang telah diharapkan.

“Harapan kami, semoga dengan adanya riset ini semoga semakin banyak mahasiswa yang melakukan riset, banyak yang berkarya dan turut berpartisipasi untuk memajukan nama Undip. Memajukan riset dan teknologi juga merupakan bentuk kontribusi kita sebagai anak bangsa. Harapannya kami dapat berangkat dan syarat mutlaknya adalah bisa menang dalam Hydrocontest ini”, jelas Rakhmat Aizzat Wahid, kepala tim riset bagian teknis. (Momentum/Vania/An Nisa)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ristek

Content Creator Day, Sebuah Konten Harus Memiliki Nilai yang Disampaikan

adminApril 21, 2018

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Ciptakan Alat Pengendali Hama Burung Pemakan Bulir Tanaman Padi

adminJuly 25, 2017

TIM PKMM UNDIP Latih Pembuatan String Art di Desa Mluweh

adminJuly 6, 2017

Silamatika Education

adminJune 7, 2017

Model United Nation ( MUN ) , Kompetisi Bergengsi “Baru” bagi Mahasiswa Teknik

adminMay 31, 2017

PKM-M Kewirausahan untuk Penyandang Disabilitas

adminMay 30, 2017