Event

Kemeriahan Verifikasi MABA

Kemeriahan Verifikasi MABA

Semarang, Momentum – Pada hari jumat (11/05/18) telah berlangsung pemeriksaan data untuk mahasiswa baru Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, dan Sekolah Vokasi jalur SNMPTN dan PPSB yang bertempat di Gedung Prof. Soedarto Undip yang dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Verifikasi mahasiswa baru adalah salah satu proses yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa yang telah dinyatakan bisa menjalani pendidikan di Perguruan Tinggi Undip, selain pendataan mahasiswa baru, hal ini menjadi sebuah kesempatan bagi masing-masing jurusan untuk mendata mahasiswa baru. Selain dari jurusan, Organisasi Daerah (Orda) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) pun ikut ambil bagian dalam acara ini, mereka menggunakan kesempatan ini untuk mengenalkan organisasi kepada mahasiswa baru yang tertarik mengikuti organisasi mereka dan kegiatan ini biasa disebut dengan Hunting Maba.

Berbeda dengan tahun lalu dimana lokasi pendataan mahasiswa baru bertempat di depan Gedung Prof. Soedarto dan tahun ini lokasi pendataan berpindah tempat menjadi di samping Gedung Prof. Soedarto. Nina, selaku panitia verifikasi menjelaskan tentang pemindahan lokasi ini terkait dengan mobilisasi yang sebelumnya sangat padat dan menyulitkan panitia untuk mengatur nya.

Hal ini di perjelas dengan pernyataan Nina “Kita melihat tahun kemarin yang lokasinya ada di depan, itu crowded masalah mobilisasi. Jadi, kita pindahin ke samping agar mahasiswa baru yang keluar bisa langsung melihat tenda pendataan mahasiswa dan agar mobilisasinya lebih mudah.” tutur Nina salah satu panitia Verifikasi Mahsiswa Baru 2018

Dalam acara ini selain bertujuan untuk pendataan mahasiswa baru, jurusan-jurusan yang mengikuti acara ini ikut memeriahkan dengan mengadakan orasi di depan gedung Prof. Soedarto yang bertujuan untuk membantu Mahasiswa baru menemukan jurusannya masing-masing setelah melakukan proses verifikasi di dalam ruangan, selain orasi stand yang ditempati pun dihias dengan peralatan atau bendera dari jurusan dan organisasi yang ada di Undip untuk menarik perhatian mahasiswa baru dan berkunjung ke stand yang sudah ada.

Selain itu, Nina juga berpendapat mengenai keresahan nya pada Jurusan-jurusan, Organisasi Daerah, dan Organisasi Mahasiswa  yang mengikuti acara verifikasi Ini, karena tidak sesuai dengan standar atau tidak sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh Panitia Verifikasi yaitu Mahasiswa yang masuk dalam stand seharusnya tidak lebih dari 3, tetapi dalam pelaksanaan nya masih ada stand yang di dalamnya terdapat lebih dari 3 mahasiswa, selain dari itu peralatan yang dibawa oleh masing-masing jurusan pun dirasa cukup berlebihan sehingga menyebabkan tempat lebih terlihat terlalu padat.

Selain dari itu fasilitas yang disediakan Undip pada verifikasi ini diakui cukup baik dan memadai untuk mahasiswa baru maupun orang tua yang menunggu, lain hal nya dengan proses pada verifikasi yang dirasa terlalu lama dan hanya diadakan satu hari saja “Mungkin mengantri nya aja yang agak lama, dan waktu nya seharusnya tidak hanya satu hari karena orang yang tempat tinggal nya jauh bisa datang di lain hari bila terjadi apa-apa” tutur bapak Syihab Udin salah satu orang tua mahasiswa baru. Proses yang terlalu lama dirasakan juga oleh beberapa mahasiswa baru, diantaranya Didit, Gery, dan Daru selaku Mahasiswa Baru Jurusan Teknik Industri 2018, menurut mereka yang menjadikan proses verifikasi lama adalah saat proses pemeriksaan nilai raport, mereka harus membacakan nilai yang ada di raport yang mereka bawa dengan nilai yang sudah mereka input dan menjadikan waktu yang digunakan lebih lama. (Momentum/Zakiya&Vallian&Genta)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

Rutinitas Aksi Buruh, Didengarkah oleh Pemerintah?

adminMay 6, 2018

Catatan Najwa : “Pilihlah Aku Jadi Calegmu” Pemimpin, Politisi, Dan Kebijakan Student Loan Di Mata Menteri

adminApril 21, 2018

Pembukaan POR Teknik

adminApril 20, 2018

Diskusi UKT, Mahasiswa Undip Sepakat Bergerak

adminApril 17, 2018

Aksi Mengedukasi Kebijakan Student Loan

adminApril 14, 2018

Empat Pondasi Menuju Indonesia 2045

adminApril 9, 2018