Prestasi

Mahasiswa Undip Lakukan Diagnosis Performa Hitung melalui Test of Second Mathematic (ToSM)

Mahasiswa Undip Lakukan Diagnosis Performa Hitung melalui Test of Second Mathematic (ToSM)

Momentum – Matematika sudah sangat umum didengar oleh berbagai kalangan masyarakat, khususnya pelajar. Namun banyak yang mengeluhkan matematika itu sendiri merupakan hal yang sangat sulit. Matematika dipelajari oleh semua orang tetapi hanya dipahami oleh segelintir orang saja. Matematika memang sangat erat kaitannya dengan hafalan-hafalan rumus, padahal manusia memiliki kemampuan menghafal dan mengingat yang terbatas. Berbagai penelitianpun gencar dilakukan untuk mengetahui performa hitung dari setiap siswa baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA.

Berkaitan dengan hal tersebut, tiga mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Undip yang tergabung dalam satu tim Program Kreativitas Mahasiswa yang disebut Tim Matematika Detik beranggotakan Muhammad Fathan, Fitriningsi dan Wahyu Fajar Gemilang di bawah bimbingan Dr. Eng. Hartono Yudo, S.T., M.T. berinovasi untuk melakukan diagnosis terhadap performa hitung secara cepat dan tepat. Diagnosis yang akan dilakukan berupa Test of Second Mathematic (ToSM). Adapun dengan melakukan diagnosis performa hitung tersebut, dapat diketahui mana saja siswa yang masih tergolong ke dalam wabah gagap hitung sesuai dengan parameter yang ada. Test of Second Mathematic (ToSM) merupakan salah satu alat ukur untuk mengetahui kemampuan hitung dasar TKKB (Tambah, Kurang, Kali, Bagi) yang dapat dikatakan sebagai dasar Pendidikan Matematika. Hal ini sangat logis dan terbukti secara empiris, jika penguasaan TKKB (Tambah, Kurang, Kali, Bagi) baik maka nilai Matematika pun tinggi.

Berawal dari rasa keingintahuan Fathan terhadap performa hitung siswa, khususnya siswa SMP Negeri 1 Slawi yang merupakan SMP Negeri favorit di Kabupaten Tegal, Tim Matematika Detik akhirnya memutuskan untuk melakukan penelitian diagnosis terhadap performa hitung tersebut. Setelah mengetahui hasil dari diagnosis yang dilakukan terhadap siswa SMP Negeri 1 Slawi, mereka tidak percaya melihat hasil diagnosis yang diperoleh. Di SMP Negeri favorit di Kabupaten Tegal tersebut masih ditemukan sangat banyak siswa yang tergolong kedalam kategori wabah gagap hitung. Adapun aplikasi digital “ToSM” bisa didownload di Google Play Store dengan alamat http://bit.ly/AplikasiDigitalTOSM.

Saat ini, Tim Matematika Detik telah mengolah sejumlah 1.200 data siswa SMP Negeri 1 Slawi yang telah mengikuti diagnosis performa hitung. Tim Matematika Detik menginisiasi untuk melakukan terapi secara bertahap, baik terapi manual maupun digital terhadap siswa yang tergolong ke dalam wabah gagap hitung tersebut melalui koordinasi dengan pihak sekolah untuk memberantas wabah gagap hitung yang ada di SMP Negeri 1 Slawi.

Melihat fenomena yang ada, dengan hasil diagnosis yang didapat dari SMP Negeri 1 Slawi, Tim Matematika Detik akan melakukan diagnosis kembali ke beberapa sekolah di Kabupaten Tegal. Tujuannya adalah untuk mengetahui performa hitung siswa dan memberikan data dari diagnosis tersebut terhadap pihak sekolah untuk nantinya ditindaklanjuti secara intensif.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Penelitian yang telah didanai oleh Kemristekdikti tahun ini, Tim Matematika Detik akan terus bekerjasama dengan sekolah yang ada di Kabupaten Tegal untuk melakukan diagnosis performa hitung tersebut guna mengetahui kemampuan hitung anak didiknya masing-masing sehingga wabah gagap hitung yang ada di Kabupaten Tegal semakin menurun. Selain itu, gerakan berantas wabah gagap hitung tersebut akan dicanangkan secara nasional melalui kerja sama dengan pihak terkait guna menunjang kualitas pendidikan di Indonesia agar semakin meningkat (Momentum/Fathan).

 

Lebih lanjut : Muhammad Fathan (082226341762)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

Mahasiswa FT Undip Ciptakan Pengganti Solar dari Minyak Jelantah

adminNovember 16, 2018

Kesibukan Bukan Penghalang Untuk Berprestasi

adminMarch 26, 2018

Mahasiswa FT Undip peraih 1st Runner Up Debate Competition dalam ajang PELTAC: Membuka Relasi, Mengukir Prestasi

adminFebruary 3, 2018

Delegasi Undip Raih Juara III Dalam Call For Paper Week of Writing 2017

adminDecember 4, 2017

Keren: Peneliti Undip Berhasil Membuat Robot Lengan Seperti Dr.Octopus dalam Film Spiderman

adminSeptember 18, 2017

TESTIMONI PIMNAS 2017 ALA TEKNIK

adminSeptember 17, 2017