Opini

Aphelion dan Penurunan Suhu Permukaan

Aphelion dan Penurunan Suhu Permukaan

Momentum – Indonesia merupakan salah satu negara yang dilalui oleh garis ekuator yang membelah bumi menjadi bagian utara dan selatan. Posisi ini menyebabkan Indonesia termasuk ke dalam negara beriklim tropis yang hanya memiliki dua musim. Suhu rata-rata di negara beriklim tropis biasanya berkisar antara 18° hingga 38°. Namun akhir-akhir ini, Indonesia mengalami cuaca ekstrem yang menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia menjadi lebih dingin, bahkan hingga menyebabkan turunnya es di beberapa daerah. Hal ini disebut-sebut terjadi akibat dari fenomena Aphelion yang terjadi.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Aphelion adalah fenomena astronomis yang terjadi setahun sekali pada kisaran bulan Juli. Fenomena ini menyebabkan bumi berada di titik terjauh dari matahari. Benarkah Aphelion menjadi penyebab turunnya suhu permukaan beberapa hari terakhir ini?

Seperti yang dilansir dalam Kompas.com yang menyatakan bahwa di Dataran Tinggi Dieng telah turun embun es pada Jumat (06/07/2019) dini hari. Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Parayudhi menjelaskan fenomena ini terjadi akibat uap air yang terkondensasi secara alami dan mengalami pembekuan akibat suhu ekstrem di kawasan tersebut akhir-akhir ini.

Beliau juga menjelaskan bahwa musim kemarau yang telah tiba di Jawa Tengah menyebabkan peluang terjadinya hujan sangat kecil karena jumlah tutupan awan yang berpotensi hujan tidak banyak. Hal ini mengakibatkan energi panas yang terpantul dari bumi langsung hilang ke atmosfer. Tidak adanya pantulan panas matahari yang dikembalikan oleh awan inilah yang menyebabkan udara di permukaan menjadi relatif lebih dingin dari biasanya.

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin turut menjelaskan dalam Official Instagram Account LAPAN bahwa suhu udara dipengaruhi oleh distribusi panas di Bumi yang diakibatkan oleh perubahan tahunan posisi matahari. Saat ini matahari berada di belahan utara, sehingga belahan selatan mengalami musim dingin. Tekanan udara di belahan selatan juga lebih tinggi daripada belahan utara. Akibatnya angin bertiup dari selatan ke utara. Angin ini pula yang mendorong awan menjauh ke utara sehingga di Indonesia mengalami musim kemarau.

“Di Indonesia pada musim kemarau saat ini angin bertiup dari arah Australia yang sedang musim dingin. Itu sebabnya masyarakat di Jawa pada saat ini mengalami udara yang dingin. Tidak ada hubungannya dengan Aphelion, karena perubahan jarak matahari ke bumi tidak terlalu signifikan mempengaruhi suhu permukaan bumi,” jelas beliau.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa fenomena Aphelion bukanlah penyebab dari turunnya suhu permukaan beberapa hari terakhir ini. Penyebab utamanya adalah tiupan angin dari sebelah selatan bumi yang saat ini sedang mengalami musim dingin ke bagian bumi sebelah utara. (Momentum/An Nisa)

 

Sumber:

Djamaluddin, Thomas. 2018. https://www.instagram.com/p/Bk5M9_algvA/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=lptruxwukokx. (Diakses pada 8 Juli 2018)

Fahmi, M. Iqbal. 2018. Suhu Ekstrem, Embun Es Turun di Dataran Tinggi Dieng. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2018/07/06/14564531/suhu-ekstrem-embun-es-turun-di-dataran-tinggi-dieng. (Diakses pada 8 Juli 2018)

Prabowo, Mulyono R.. 2018. Apakah Aphelion Mempengaruhi Suhu Udara di Indonesia? Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. https://www.bmkg.go.id/berita/?p=apakah-aphelion-mempengaruhi-suhu-udara-di-indonesia&lang=ID&s=detil. (Diakses pada 8 Juli 2018)

 

Sumber gambar

http://www.bbc.co.uk/bitesize/ks3/science/environment_earth_universe/astronomy_space/revision/5/

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opini

More in Opini

Booming Suku Asmat

adminJanuary 29, 2018

Netizen Baik atau Buruk?

adminJanuary 25, 2018

Mengenal Generasi Milenial

adminSeptember 14, 2017

Perjalanan Indonesia di Pesta Olahraga SEA Games

adminSeptember 6, 2017

Peranan Mahasiswa ke Masyarakat

adminAugust 16, 2017

Senioritas Penyebab Bullying

adminJuly 26, 2017