Event

Kuliah Kerja Nyata 2018: Inspiring, Empowering, Jaga Integritas

Kuliah Kerja Nyata 2018: Inspiring, Empowering, Jaga Integritas

Semarang, Momentum – Selasa (10/07/2018) telah berlangsung Upacara Keberangkatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Tahun 2017/2018 di Lapangan Widya Puraya Universitas Diponegoro. Acara ini dihadiri oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M. Hum. selaku pembina upacara, Ketua P2KKN Undip Dr. Ir. Edy Prasetyo, M.S. serta dosen-dosen Undip yang tergabung dalam tim KKN 2017/2018.

Upacara dimulai pada pukul 07.56 WIB yang diawali dengan pelaporan oleh pihak P2KKN. Dalam laporan ini disampaikan bahwa KKN 2017/2018 akan diselenggaran selama 42 hari, yakni dari tanggal 10 Juli hingga 20 Agustus 2018 di 34 kecamatan yang tersebar dalam 10 kabupaten, yakni Kabupaten Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Temanggung, Semarang, Grobogan, Jepara, Pati, dan Rembang. KKN tahun ini diikuti oleh 3.623 mahasiswa Undip angkatan 2014 dan 2015 yang terdiri dari 33% putra dan 67% putri serta didampingi oleh 102 dosen dan 10 koordinator. Selain menciptakan program bersama timnya, setiap mahasiswa wajib membuat dua program monodisipliner secara individu. Pada minggu pertama, mahasiswa peserta KKN akan melakukan survei observasi pendahuluan di kecamatannya masing-masing.

Upacara dilanjutkan dengan sambutan dari pembina upacara, yaitu Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M. Hum. Pada sambutan upacara tersebut, pembina menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta KKN, yaitu bahwa dengan status Undip sebagai World Class University, diharapkan KKN ini bisa memberikan manfaat yang konkret kepada warga kecamatan tempat diadakannya KKN 2017/2018. Selain itu, pembina juga menyampaikan harapannya agar mahasiswa Undip dapat menjadikan KKN ini sebagai ajang untuk mensosialisasikan Undip, yakni dengan mengenalkan Undip sebagai universitas yang terjangkau oleh seluruh golongan dan tidak membeda-bedakan mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi keluarganya. Juga, diharapkan melalui KKN ini, mahasiswa dapat melakukan deradikalisasi kepada masyarakat di kecamatan tempat mereka mengabdi. Sebagai penutup, pembina berpesan agar seluruh peserta KKN menjaga keselamatan diri dan integritas, serta menjadikan KKN tahun ini inspiring dan empowering.

Selepas sambutan, acara dilanjutkan dengan penyematan topi dan pengucapan selamat oleh pembina upacara dan koordinator dosen tim KKN kepada seluruh koordinator kecamatan, lalu dilanjutkan dengan doa dan laporan pemimpin kepada pembina upacara bahwa upacara telah selesai. Upacara berakhir pada pukul 08.29 WIB. Seusai upacara, diadakan pemberangkatan secara simbolis masing-masing koordinator kecamatan.

Dewi Hastuti, salah satu peserta KKN Tim 2 Tahun 2017/2018 dari program studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan angkatan 2015 menyampaikan bahwa sebelum KKN dimulai, ia telah merencanakan program pembuatan denah pedesaan untuk memudahkan warga setempat agar lebih memahami daerah tempat tinggal mereka. Ia berharap seluruh rangkaian acara dalam KKN kali ini berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“(Semoga) program-program (KKN kali ini) juga berjalan lancar, lalu sampai (kembali di Semarang) dengan selamat,” tutur Dewi saat ditemui seusai upacara. (Momentum/Natasha dan Rena)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

Peluncuran dan Peresmian Kapal yang akan Berlaga di Prancis

adminJuly 9, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

Rutinitas Aksi Buruh, Didengarkah oleh Pemerintah?

adminMay 6, 2018

Catatan Najwa : “Pilihlah Aku Jadi Calegmu” Pemimpin, Politisi, Dan Kebijakan Student Loan Di Mata Menteri

adminApril 21, 2018

Pembukaan POR Teknik

adminApril 20, 2018

Diskusi UKT, Mahasiswa Undip Sepakat Bergerak

adminApril 17, 2018