Event

Peluncuran dan Peresmian Kapal yang akan Berlaga di Prancis

Peluncuran dan Peresmian Kapal yang akan Berlaga di Prancis

Semarang, Momentum – Senin (09/07/18) telah berlangsung peluncuran dan peresmian kapal milik Tim Ksatria Hydros, delegasi Universitas Diponegoro pada ajang Hydrocontest 2018 di Dekanat Fakultas Teknik. Kapal yang akan dibawa ke Saint-Tropez Prancis tersebut diresmikan oleh Ketua Departemen Teknik Perkapalan, Dr. Eng. Deddy Crismianto, ST, MT. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perhubungan Kota Semarang, Dekan Fakultas Teknik, Dosen dari Departemen S1 Teknik Perkapalan dan beberapa perwakilan mahasiswa di lingkungan Universitas Diponegoro.

Selain melakukan peluncuran dan peresmian kapal, dijelaskan juga proses yang telah dilalui oleh tim hingga bisa mencapai ke tahap ini. Ksatria Hydros merupakan salah satu dari 3 perwakilan tim yang nantinya akan membawa nama Indonesia di kancah internasional dalam kompetisi tersebut.

“Dari 35 Pendaftar, kita termasuk 32 Tim dari 25 negara berbeda yang berhasil melalui seleksi dokumen untuk bisa mengikuti race pada September mendatang,” jelas Ervin, Project Officer Ksatria Hydros. Ksatria Hydros terdiri atas 21 orang yang berasal dari S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Perkapalan, dan D3 Teknik perkapalan dari 3 angkatan berbeda, 2015, 2016, dan 2017.

Ervin mengungkapkan persiapan dilakukan oleh tim dari bulan November tahun lalu dan sudah masuk tahap analisa desain pada Januari. Tim ini akan mengikuti 3 kategori lomba dan penilaian yang meliputi kapal kargo, kapal penumpang, dan efisiensi. “ Dalam kategori kapal kargo kita sebagai naval architect dituntut untuk memahami konsep kapal niaga yang efisien, kategori kapal penumpang bertujuan untuk menyokong sektor pariwisata, dan kategori efisiensi yaitu memaksimalkan jarak yang bisa ditempuh dalam tenggat waktu 1 jam,” jelasnya.

Ervin menjelaskan kapal ini selanjutnya akan dikirimkan pada pertengahan Juli mendatang. Kapal akan dikirim menggunakan jalur laut agar bisa sampai sebelum tanggal balapan. Perwakilan tim kemudian akan menyusul pada akhir Agustus. (Momentum / Alfian Alfarisi)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Event

STERIL 2018: Milenia Klasika

adminOctober 2, 2018

DIBALIK LAYAR AKSI TUGU RAKYAT

adminAugust 16, 2018

Mozaik ODM Undip 2018 disaksikan Menteri RI

adminAugust 15, 2018

Dua Menteri Tutup Orientasi Diponegoro Muda 2018

adminAugust 13, 2018

Menilik Kegiatan Orientasi Mahasiswa Muda Fakultas Teknik Tahun 2018

adminAugust 11, 2018

Kuliah Kerja Nyata 2018: Inspiring, Empowering, Jaga Integritas

adminJuly 12, 2018