Event

Dua Menteri Tutup Orientasi Diponegoro Muda 2018

Dua Menteri Tutup Orientasi Diponegoro Muda 2018

Semarang, Momentum-Minggu (12/08/2018) telah terselenggara Penutupan Orientasi Diponegoro Muda 2018 yang menjadi puncak rangkaian kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru. Sama seperti tahun – tahun sebelumnya, penutupan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) kembali digelar di Stadion Universitas Diponegoro. Pada tahun ini, ODM dihadiri oleh menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu dilakukan pembentukan mozaik oleh mahasiswa baru yang telah datang sejak pagi hari. Terdapat 4 mozaik berbeda yang dibentuk oleh mahasiswa baru tahun ini. Kedua menteri negara yang hadir saat itu juga ikut menyaksikan pembuatan mozaik dari tribun penonton.
Rangkaian acara dimulai pukul 08.30 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars UNDIP serta pembacaan do’a. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana ODM UNDIP, Ketua BEM UNDIP dan Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H.,M.Hum. Sambutan berikutnya dari Menristekdikti Mohammad Nasir sekaligus menutup rangkaian kegiatan orientasi diponegoro muda 2018 secara simbolis.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara UNDIP dengan kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Susi Pudjiastuti turut memberikan sambutan, dalam sambutannya menteri KKP membahas tentang perubahan orientasi pembangunan Indonesia dari agraria menjadi bidang kemaritiman. Selain itu, beliau juga memberikan pujian untuk mozaik yang dibuat oleh mahasiswa UNDIP.
“Luar biasa. Inilah bukti kerja keras dan disiplin. Tanpa dua itu, mozaik tidak akan terbentuk.”, tutur penerima gelar doktor honoris causa Universitas Diponegoro tersebut.

Acara ini juga mengususung konsep green habit dimana diwujudkan dalam penyediaan kantong sampah dan penyerahan 1000 pohon dari mahasiswa baru. Penutupan ODM kali ini dimeriahkan oleh penampilan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UNDIP yang membawakan 3 lagu dan pagelaran mahakarya dari UKM Teater UNDIP. Selain itu juga terdapat parade dari UKM yang terdapat di UNDIP dan organisasi daerah. Sama seperti acara pembukaan ODM, mahasiswa baru saat penutupan ODM juga disediakan traktak dan konsumsi.

Orasi dari ketua BEM undip dan setiap bem fakultas turut menyemarakan kegiatan tersebut sekaligus membakar kembali semangat dari mahasiswa baru. Mahasiswa baru selanjutnya dihibur dengan pertujukan marching band SMK Kesdam 4 Diponegoro Magelang. Pertunjukan marching band menjadi akhir dari kegiatan penutupan ODM.(Momentum/Valian)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019

Dari Puan Hingga Vidi, Penutupan ODM Undip Hadirkan Nuansa Toleransi dan Persatuan

adminAugust 19, 2019