Undip

Kejutan dari Walikota Semarang di Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Undip 2018

Kejutan dari Walikota Semarang di Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Undip 2018

Semarang, Momentum – Senin (06/08/2018) telah diadakan upacara penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro. Bertempat di Stadion Universitas Diponegoro, acara ini juga merupakaan pembukaan rangkaian kegiatan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Undip bagi mahasiswa baru Universitas Diponegoro. Acara penerimaan mahasiswa baru ini dimulai pada pukul 07.30 WIB yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru serta dihadiri pimpinan Universitas Diponegoro dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Upacara penerimaan mahasiswa baru dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Senat Akademik, Prof. Dr. Ir. Sunarso, M.S. serta Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA lalu dibacakan Surat Keputusan Rektor oleh Biro Administrasi Akedemik.

Dalam cuaca yang cukup terik acara ini berlangsung dengan khidmat. Puncak acara kali ini adalah penyematan almamater kepada perwakilan mahasiswa baru baik dari jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktor. Selain itu Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum juga memberikan sambutannya. Prof. Yos menyatakan bahwa mahasiswa baru patut bangga dapat menjadi bagian dari Universitas Diponegoro karena Undip adalah salah universitas terbaik di Indonesia serta menjadi perguruan tinggi negeri dengan pendaftar kedua terbanyak setelah Universitas Padjajaran. Beliau juga menekankan bahwa Undip tidak membenarkan adanya perpeloncoan dalam bentuk apapun. “Tidak boleh ada yang namanya perpeloncoan bagi mahasiswa baru. Jika ada langsung hubungi saya dan pelakunya akan langsung drop out,” tegas beliau.

Sebanyak 11.397 orang mahasiswa baru mengikuti acara ini dengan rincian 8.239 orang mahasiswa program sarjana, 1.896 orang mahasiswa program sekolah vokasi, 964 orang mahasiswa program magister, 142 orang mahasiswa program spesialis, 16 orang mahasiswa program profesi, dan 140 orang mahasiswa program doktor. Selain itu juga terdapat beberapa mahasiswa baru berstatus warga negara asing (WNA). Mahasiswa asing tersebut diantaranya berasal dari negara Uganda, Sudan, Libya, Myanmar, Tiongkok, Thailand, dan Timor Leste. Salah satu hal yang menarik pada ODM tahun ini ialah  Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu yang merupakan pasangan walikota Semarang akan menjadi mahasiswa baru program doktor ilmu sosial.

Persiapaan acara tahun ini dirasa lebih baik dari sebelumnya. Sama seperti tahun lalu, panitia upacara penerimaan mahasiswa baru juga menyediakan traktak serta air minum dan snack sehingga peserta merasa nyaman. Seluruh peserta tahun ini mendapatkan tempat duduk dibanding tahun lalu dimana masih ada peserta yang terpaksa berdiri karena kurangnya kursi. Namun, hal tersebut tak menghindarkan banyaknya peserta yang mengalami sakit bahkan jatuh pingsan saat acara berlangsung dikarenakan cuaca yang memang cukup panas.

Secara khusus walikota Semarang Hendrar Prihadi memuji panitia dalam memperlakukan mahasiswa baru tahun ini. “Mahasiswa sekarang diperlakukan dengan terhormat dengan diberikan tenda dan air minum, beda dengan zaman saya dulu yang panas – panasan,” terangnya.

Penerimaan mahasiswa baru berlangsung selama kurang lebih dua jam. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu hymne Undip oleh PSM Undip dan pembacaan do’a. Setelah acara selesai Rektor Universitas Diponegoro beserta jajaran Dekan Fakultas menyempatkan diri untuk menyalami mahasiswa. (Momentum/Valian dan Tahqiqi)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Undip

More in Undip

Drama Penentuan Golongan UKT Mahasiswa Baru

adminMay 13, 2018

Kajian PSDKU Undip di Batang

adminMay 6, 2018

Undip Pastikan Bangun Cabang di Batang

adminApril 28, 2018

Taman Segitiga Widya Puraya Dirombak

adminMarch 18, 2018

Delegasi Undip Raih Juara III Dalam Call For Paper Week of Writing 2017

adminDecember 4, 2017

#DamaiItuNyata Project: Perdamaian dan Toleransi

adminNovember 30, 2017