Coretan Teknik

KKN Undip Jelajahi dan Eksplorasi Pesona Alam sebagai Potensi Desa Kalimanggis

KKN Undip Jelajahi dan Eksplorasi Pesona Alam sebagai Potensi Desa Kalimanggis

Desa Kalimanggis merupakan salah satu dari 14 desa di Kecamatan Kaloran, yang terletak di ketinggian 959 m dpal dan berjarak 3 km dari ibu kota Kecamatan Kaloran dan 16 km dari ibu kota Kabupaten. Saat ini, Desa Kalimanggis memiliki 8 dusun yaitu Dusun Jagang, Dusun Kalisat, Dusun Manguntosari, Dusun Clapar, Dusun Pringkuda, Dusun Jurang, Dusun Lamuk dan Dusun Krajan. Minggu (29/07), Tim KKN II Undip Desa Kalimanggis menjelajahi Tinumpuk yang merupakan tempat berpotensi untuk dijadikan sebagai salah satu unggulan Desa Kalimanggis khususnya bidang pariwisata. Tinumpuk tepatnya berada di Dusun Lamuk. Disana terdapat pemandangan yang masih asri, segar dan hijau. Tetapi, akses untuk menjangkau lokasi tersebut masih sulit, dimana medan yang dilalui sangat terjal dan ekstrim.

Gambar: Tim KKN Undip Jelajahi Pesona Alam Tinumpuk

Pihak Dusun Lamuk memiliki rencana untuk mengembangkan Tinumpuk sebagai objek wisata khas Desa Kalimanggis. Sayangnya, saat ini Tinumpuk belum dikelola dengan baik, misalnya masih terdapat sampah yang dibuang secara sembarangan dan beberapa bangunan yang rusak. Hal ini yang masih sangat perlu diperhatikan, karena kesadaran masyarakat terhadap lingkungan merupakan salah satu faktor untuk mendorong kemajuan dari lingkungan tersebut.

Gambar : Pemandangan alam Tinumpuk

Selain itu, tempat ini baru dikenal oleh sebagian masyarakat sekitar. Padahal jika Tinumpuk mampu dikelola secara optimal dapat meningkatkan kemajuan Desa Kalimanggis. Kerjasama antara pihak masyarakat dan dinas pariwisata setempat masih sangat diperlukan sehingga diharapkan mampu memajukan bidang pariwisata yang merupakan salah satu keunggulan lokal daerah khususnya Desa Kalimanggis. Dengan demikian, KKN Undip Desa Kalimanggis mempromosikan keindahan pesona alam Tinumpuk melalui banner dan ditunjukkan ketika acara Expo KKN Kecamatan Kaloran pada (12/08) lalu.(Tiva dan Sita/Momentum)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

(Ulasan Film) “Christopher Robin” : Kisah Beruang Pandir dalam Balutan Live Action

adminSeptember 6, 2018

Gerakan Nasional Revolusi Mental Untuk Indonesia yang Lebih Maju

adminAugust 28, 2018

GEMES (Gerakan Masyarakat Peduli Sanitasi) di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa

adminAugust 27, 2018

Pola Hidup Sehat Tentang Hipertensi

adminAugust 27, 2018

Sulap Baju Bekas Jadi Tas Belanja, Kok Bisa?

adminAugust 25, 2018

Syukur

adminAugust 21, 2018