Coretan Teknik

KKN Undip Jelajahi dan Eksplorasi Pesona Alam sebagai Potensi Desa Kalimanggis

KKN Undip Jelajahi dan Eksplorasi Pesona Alam sebagai Potensi Desa Kalimanggis

Desa Kalimanggis merupakan salah satu dari 14 desa di Kecamatan Kaloran, yang terletak di ketinggian 959 m dpal dan berjarak 3 km dari ibu kota Kecamatan Kaloran dan 16 km dari ibu kota Kabupaten. Saat ini, Desa Kalimanggis memiliki 8 dusun yaitu Dusun Jagang, Dusun Kalisat, Dusun Manguntosari, Dusun Clapar, Dusun Pringkuda, Dusun Jurang, Dusun Lamuk dan Dusun Krajan. Minggu (29/07), Tim KKN II Undip Desa Kalimanggis menjelajahi Tinumpuk yang merupakan tempat berpotensi untuk dijadikan sebagai salah satu unggulan Desa Kalimanggis khususnya bidang pariwisata. Tinumpuk tepatnya berada di Dusun Lamuk. Disana terdapat pemandangan yang masih asri, segar dan hijau. Tetapi, akses untuk menjangkau lokasi tersebut masih sulit, dimana medan yang dilalui sangat terjal dan ekstrim.

Gambar: Tim KKN Undip Jelajahi Pesona Alam Tinumpuk

Pihak Dusun Lamuk memiliki rencana untuk mengembangkan Tinumpuk sebagai objek wisata khas Desa Kalimanggis. Sayangnya, saat ini Tinumpuk belum dikelola dengan baik, misalnya masih terdapat sampah yang dibuang secara sembarangan dan beberapa bangunan yang rusak. Hal ini yang masih sangat perlu diperhatikan, karena kesadaran masyarakat terhadap lingkungan merupakan salah satu faktor untuk mendorong kemajuan dari lingkungan tersebut.

Gambar : Pemandangan alam Tinumpuk

Selain itu, tempat ini baru dikenal oleh sebagian masyarakat sekitar. Padahal jika Tinumpuk mampu dikelola secara optimal dapat meningkatkan kemajuan Desa Kalimanggis. Kerjasama antara pihak masyarakat dan dinas pariwisata setempat masih sangat diperlukan sehingga diharapkan mampu memajukan bidang pariwisata yang merupakan salah satu keunggulan lokal daerah khususnya Desa Kalimanggis. Dengan demikian, KKN Undip Desa Kalimanggis mempromosikan keindahan pesona alam Tinumpuk melalui banner dan ditunjukkan ketika acara Expo KKN Kecamatan Kaloran pada (12/08) lalu.(Tiva dan Sita/Momentum)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Masyarakat Bayalangu Lor Berbisnis Dan Membuat Ecobrick Di Era New Normal

adminAugust 10, 2020

Mungkin Bumi Cendrawasih Lahir Ketika Tuhan Sedang Cemberut: Sebuah Esai Tentang Kemiskinan, Ketimpangan dan Kegagalan Memahami Masyarakat Papua – Bagian 3

adminAugust 8, 2020

Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Edukasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Solusi Dampak Pandemi Covid-19 bagi UKM

adminAugust 8, 2020

“Mbangun Deso”ala Mahasiswa KKN UNDIP

adminAugust 6, 2020

Terobosan Teknologi Kreatif Dan Strategi Pemasaran Baru Ala Mahasiswi UNDIP Pasca Pandemi Covid-19

adminAugust 6, 2020

Mahasiswa KKN UNDIP Melatih Masyarakat Untuk Membuat Peralatan “Perang” Menghadapi New Normal

adminAugust 4, 2020