pemiraft

Kampanye Pemira FT di Teknik Lingkungan

Kampanye Pemira FT di Teknik Lingkungan

Semarang, Momentum – Selasa (17/10/2018), telah berlangsung kampanye Pemira FT yang dimulai pukul 16.18 WIB di lapangan GKB, tepatnya di depan gedung C. Kampanye dibuka dengan sambutan ketua KPR FT dan Ketua Himpunan Teknik Lingkungan. Selanjutnya adalah prmaparan visi misi dari kedua pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM FT 2019. Kampanye kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dari hadirin. Sebelumnya, kedua pasangan calon diminta untuk memakai atribut berupa jas lab dan latex (sarung tangan) oleh beberapa mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan. Antusias yang diberikan oleh hadirin cukup baik dengan berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan kepada kedua pasangan tersebut. Acara kampanye pemira FT di Departemen Teknik Lingkungan berakhir pada pukul 18.00 WIB

Penyampaian visi misi yang pertama disampaikan oleh pasangan nomor urut satu, yaitu Naufal Muhammad Irfan beserta wakilnya yang disusul dengan pasangan urut dua, yaitu Zinedin Abdi Zidan. Adapun visi dan misi yang disampaikan oleh keduanya memiliki ciri khas yang berbeda. Dalam proses berjalannya kampanye kedua paslon saling beradu retorika dalam memaparkan visi misi dan menjawab pertanyaan dari hadirin. Keduanya diberikan waktu selama dua menit oleh moderator untuk menjawab secara singkat, padat dan jelas.
Pada sesi tanya jawab, kedua paslon mendapat pertanyaan dari Wirda Nabila, Teknik Lingkungan 2016 yang bersifat mengukur pengetahuan keduanya mengenai Fakultas Teknik yang pengetahuan akan prestasi yang telah dicapai oleh mahasiswa Teknik selama 2018. Masing-masing paslon juga menyampaikan kekurangan dan kelebihan diri sendiri beserta pasangan lawan. Pertanyaan lain yang diberikan oleh hadirin adalah perihal alasan kedua pasangan calon termotivasi menjadi ketua dan wakil ketua BEM FT 2019, masalah kaderisasi di Teknik dan cara menurunkan ego tiap departemen demi terwujudnya slogan “Satu Tekad Teknik Jaya”. Sesi ini ditutup dengan permintaan beberapa mahasiswa Teknik Lingkungan untuk diadakannya sesi jawab cepat yang diajukan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, Surya Prayoga. Kedua pasangan calon nampak menjawab dengan kondusif tanpa saling menjatuhkan satu sama lain.
Tidak hanya pertanyaan-pertanyaan saja, beberapa mahasiswa Teknik Lingkungan juga memberikan saran dan masukan untuk kedua pasangan calon ketua BEM FT, baik saat sesi tanya jawab maupun setelah acara selesai. Kedua pasangan calon saling bersalaman dan mendukung satu sama lain demi terwujudnya kondisi yang kondusif selama kampanye berlangsung hingga akhir di akhir sesi ini.
Dalam kepemimpinannya di BEM Fakultas Teknik 2019, baik Naufal maupun Zidan memiliki cara yang hampir sama untuk FT ke depannya. “Kepemimpinan yang akan dibawa nanti adalah kepemimpinan yang benar-benar hadir di semua departemen, walaupun BEM FT itu bukan sebagai fungsi aspirasi ya. Tapi di sini kami ingin membawa aspirasi dari setiap departemen untuk kita bawa ke dekanat, karena pemimpin yang cuma mengambil keputusan berdasarkan pemikiran dia sendiri itu menurut saya salah. Jadi saya benar-benar mau bersama-sama dalam seluruh Teknik,” jelas Naufal, paslon nomor urut satu.
“Inginnya membawa kepemimpinan, yang mana semuanya mendapat pembelajaran yang sama. Berdasarkan pengalaman-pengalaman di BEM FT, bahwasannya BEM FT ini hanya bergerak sebagai organisasi, tapi staffnya itu masih kurang pemberdayaan. Kemudian untuk kepemimpinannya tidak ingin yang terlalu streak juga, di satu sisi tidak ingin terlalu santai. Dan kepemimpinan itu sebenarnya kembali ke masing-masing individu, tapi menurutku ada yang lebih dari itu, yaitu kembali ke kondisi, maka ingin mempimpin sesuai dengan kondisi yang ada,” papar Zidan. Persiapan untuk kampanye di hari-hari selanjutnya pun mereka menjawab dengan jawaban yang sama, yaitu sama-sama mempersiapkan retorika yang lebih dan mempelajari setiap departemen atau jurusan yang ada di Teknik lebih dalam lagi. (Momentum/Febriani)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pemiraft

More in pemiraft

Debat Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT: Kedua Paslon Saling Adu “Greget”

adminNovember 8, 2018

Kampanye di Teknik Sipil: Kedua Paslon Mengaku Bukan Kader Organisasi Ekstra

adminNovember 6, 2018

Kampanye di Teknik Geodesi – Kampanye Berjalan Tidak Efektif

adminNovember 3, 2018

Kampanye Pemira FT di Teknik Geologi: Tingkatkan Iklim Diskusi dengan “Menjemput Bola”

adminNovember 3, 2018

Kampanye di Mesin: Kedua Paslon Kenakan Wearpack dan Helm Keselamataan Kerja

adminNovember 1, 2018

Kampanye Pemira FT di Teknik Industri Undip

adminOctober 30, 2018