pemiraft

Kampanye Pemira FT di Teknik Geologi: Tingkatkan Iklim Diskusi dengan “Menjemput Bola”

Kampanye Pemira FT di Teknik Geologi: Tingkatkan Iklim Diskusi dengan “Menjemput Bola”

Semarang, Momentum – Kamis (1/11/2018), telah berlangsung kampanye pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM FT Undip 2019. Kampanye dibuka oleh Ketua KPR dan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) pada pukul 15.30 WIB serta dipandu oleh seorang moderator. Kampanye diawali dengan penyampaian visi misi dari kedua pasangan calon (paslon), yaitu paslon nomor urut satu Naufal Muhammad Irfan dan Fega Frendiansyah serta paslon nomor urut dua yaitu Zinedin Abdi Zidan dan Hanif Ruhul Jihad.

Kampanye dilanjutkan dengan fit and proper test pada pukul 15.42 WIB. Dalam sesi ini, tiga orang mahasiswa Teknik Geologi memberi pertanyaan seputar apa yang hendak dilakukan kedua paslon apabila terpilih. Setelah berdiskusi selama satu menit, kedua paslon menjawab ketiga pertanyaan dengan durasi setiap pertanyaan enam menit, diantaranya mengenai dampak kepengurusan BEM FT terhadap warga FT, yang dijawab oleh paslon satu dengan inisiatif mereka mengambil aspirasi dari FT, di antaranya dengan teknik sampling serta harapan untuk meningkatkan iklim diskusi dengan ”menjemput bola” alias langsung mendatangi seluruh departemen di FT untuk mengadakan diskusi. Sementara itu, paslon dua menerangkan tentang program mereka yakni Eksplorasi Teknik yang bertujuan untuk membantu seluruh warga FT memahami potensi di setiap departemen. Nantinya, hasil dari Eksplorasi Teknik akan dituangkan dalam pamflet yang akan disebar setiap tiga minggu sekali. Kedua paslon juga menjelaskan kembali tentang kaderisasi, salah satunya paslon dua yang ingin membuat kaderisasi lebih objektif dan terstruktur, sehingga lebih terpercaya dan pihak Dekanat akan menyetujui dilanjutkannya kaderisasi.
Acara dilanjutkan dengan tanggapan terhadap jawaban paslon pada 16.00 WIB. Salah satu penanya mengomentari kedua paslon yang dianggap tidak menerapkan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan kurang konkretnya penjelasan kedua paslon mengenai kaderisasi yang setelah ditiadakan dirasa mempersulit kehidupan akademis mahasiswa Teknik Geologi. Paslon dua pun menjelaskan bahwa mereka berencana membuat in-house training dengan PSDM HMD agar tidak ada penyelewengan dalam kaderisasi. Sementara itu, paslon satu berencana menciptakan grand design kaderisasi untuk membentuk pola pikir yang benar mengenai kaderisasi. Kedua paslon juga menerangkan solusi untuk kemacetan di depan gedung Teknik Geologi akibat acara wisuda, dimana paslon dua berencana memperbaiki mekanisme arak-akan wisuda dan paslon satu yang akan menempatkan parkir orang tua wisudawan di Stadion Undip dan memanfaatkan bus Undip untuk membawa mereka ke Gedung Prof. Soedarto. Kedua paslon juga menjelaskan pengetahuan mereka mengenai Teknik Geologi serta HMTG. Setelah fit and proper test usai, kedua paslon dinilai sudah cukup jelas dalam menerangkan solusi mereka atas kaderisasi dan kemacetan akibat wisuda, namun belum benar-benar menunjukkan kepedulian terhadap HMTG, dilihat dari kurangnya pengetahuan mereka yang harusnya dapat ditanyakan kepada warga HMTG. Kampanye ditutup dengan closing statement dari kedua paslon serta Ketua HMTG.
“Kita (warga HMTG) tidak berharap banyak pada janji dari kedua paslon karena Himpunan harus dapat bergerak sendiri, kecuali pada beberapa hal yang berhubungan dengan birokrasi, terutama kaderisasi,” terang Ketua HMTG Magmadipa 2018, Hasbi As-siddiqi Sutandiono. “Saya tidak melihat faktor lainnya, apabila mereka (setelah terpilih) berhasil memenuhi janji mereka untuk kaderisasi, saya anggap mereka berhasil.” (Momentum/Natasha dan Diah)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pemiraft

More in pemiraft

Debat Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT: Kedua Paslon Saling Adu “Greget”

adminNovember 8, 2018

Kampanye di Teknik Sipil: Kedua Paslon Mengaku Bukan Kader Organisasi Ekstra

adminNovember 6, 2018

Kampanye di Teknik Geodesi – Kampanye Berjalan Tidak Efektif

adminNovember 3, 2018

Kampanye di Mesin: Kedua Paslon Kenakan Wearpack dan Helm Keselamataan Kerja

adminNovember 1, 2018

Kampanye Pemira FT di Teknik Industri Undip

adminOctober 30, 2018

Kampanye Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FT Undip 2019 di Teknik Elektro

adminOctober 30, 2018