KKN

Peduli Anak di Dunia Cyber

Peduli Anak di Dunia Cyber

Batang, Minggu (17/2/2019)- Dunia Cyber merupakan hal baru dalam sejarah kehidupan umat manusia. Dua dekade sebelum ini generasi muda belum banyak bersinggungan dengan dunia ini. Fenomena ini menimbulkan dampak positif dan negatif dari hadirnya teknologi yang terbilang baru ini. Dampak positif yang kita rasakan tentunya berbeda antar tiap orang atau tiap kelompok, salah satunya adalah kemudahan kita mengakses informasi, kemudahan berkomunikasi walaupun dengan jarak jauh, dan bertransaksi secara online.

Tidak hanya dampak positif, sebuah teknologi yang baru juga dapat menimbulkan dampak negatif apabila penggunaan teknologi tersebut disalahgunakan. Penyalahgunaan teknologi internet saat ini sangat beragam mulai dari penggunaan internet yang menghabiskan waktu sampai penggunaan teknologi internet untuk perilaku kriminal.

Berawal dari rasa keprihatinan melihat kondisi balai desa di Rowobelang dipenuhi anak-anak dan remaja yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton youtube dan bermain game online dengan fasilitas Wi-Fi yang disediakan balai desa. Mereka fokus dengan gadget mereka tanpa memperhatikan kondisi sekitar. Tidak terlihat ada orang tua yang menegur atau menyuruh mereka kembali pulang ke rumah. Ini merupakan sebuah masalah yang bila dibiarkan anak-anak dan remaja tersebut bisa kecanduan internet dan game online.

Sebagai upaya preventif menanggulangi permasalahan ini, pada hari Sabtu, 2 Februari 2019 pukul 13.00 WIB TIM 1 KKN UNDIP 2019 Desa Rowobelang mengadakan beberapa program salah satunya pemaparan materi tentang Pendampingan Penggunaan AdBlock dan KeyLock untuk Memudahkan Pengawasan Akses Internet Orang Tua terhadap Anaknya. Acara ini diikutkan pada program PKK di desa tersebut. Sedangkan pemaparan yang diberikan berisi mengenai kecenderungan remaja dalam bidang internet, kenakalan remaja dalam penggunaan internet, good parenting dalam upaya preventif kenakalan remaja akibat pengaruh internet, pendampingan cara pemblokiran konten dewasa pada youtube dan google serta pendampingan pemasangan adblock dan keylock pada android.

Setelah materi dipaparkan dilanjutkan tanya jawab. Selain itu ada dari peserta yang langsung meminta untuk diblokirkan konten dewasa pada google dan youtube secara langsung ditempat. Ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan mulai peduli dengan penggunaan internet anak-anak peserta.

Sosialisasi pentingnya pengawasan orang tua terhadap anak dalam mengakses internet

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KKN

More in KKN

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Petani Produksi Siwang dan Edukasi Menghafal Al-qur’an, Belajar Bersama dimasa Pandemik Covid-19

adminAugust 20, 2020

Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Warga RT 10/RW 04 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Mengurangi Penyebaran Virus COVID-19 Dan Menghadapi New Normal

adminAugust 17, 2020

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Masyarakat Bayalangu Lor Berbisnis Dan Membuat Ecobrick Di Era New Normal

adminAugust 10, 2020

Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Edukasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Solusi Dampak Pandemi Covid-19 bagi UKM

adminAugust 8, 2020

“Mbangun Deso”ala Mahasiswa KKN UNDIP

adminAugust 6, 2020

Terobosan Teknologi Kreatif Dan Strategi Pemasaran Baru Ala Mahasiswi UNDIP Pasca Pandemi Covid-19

adminAugust 6, 2020