Event

Kembali Menjadi Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H.,M.Hum Targetkan Undip Masuk 500 Besar World Class University

Kembali Menjadi Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H.,M.Hum Targetkan Undip Masuk 500 Besar World Class University

Sumber : Data Pribadi

 

Semarang, Momentum –  Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H.,M.Hum resmi menjadi Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024 setelah dilantik oleh Majelis Wali Amanat (MWA) Undip pada Senin (29/4/2019) di Gedung Prof.Soedarto Undip.  Pelantikan oleh MWA merupakan pelantikan pertama sejak Undip berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), karena sebelumnya pelantikan dilakukan oleh menteri karena Undip berstatus sebagi Badan Layanan Umum (BLU).

Pelantikan rektor yang berlangsung dalam sidang terbuka MWA Undip ini dihadiri oleh Menristekdikti Muhammad Nasir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah, serta segenap relasi dan perwakilan komunitas.

Dalam pidato yang disampaikan, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H.,M.Hum menargetkan Undip masuk dalam 500 besar World Class University (WCU). Saat ini Undip masih berada di kisaran rangking 800. Sedangkan Universitas yang sudah masuk 500 besar di World Class University baru UI, ITB dan UGM. Maka dari itu Prof.Dr.Yos Johan Utama SH., M.Hum akan mengupayakan perbaikan dan penambahan infrastruktur, meningkatkan perbaikan kebijakan dan sistem yang dijalankan serta perancangan perencanaan lainnya.

Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H.,M.Hum menerangkan akan mengarahkan dosen dan mahasiswa untuk menggiatkan penelitian yang berbasis skala nasional maupun internasional dan mengahasilkan hak paten sehingga dapat direalisasikan dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat umum.

Sementara itu Menristekdikti Muhammad Nasir menerangkan perlunya dosen asing untuk mengajar di Undip serta kerjasama dalam melakukan riset bersama dengan universitas luar negeri untuk mewujudkan target Undip masuk 500 World Class University.

Dari segi kemahasiswaan, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H.,M.Hum menuturkan Undip akan menampung sekitar 13 ribu mahasiswa baru dengan minimal 20% dari kalangan tidak mampu. Hal ini merujuk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Fadila Dyah Ayu)

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019

Dari Puan Hingga Vidi, Penutupan ODM Undip Hadirkan Nuansa Toleransi dan Persatuan

adminAugust 19, 2019