Coretan Teknik

Mau Menambah Ilmu di Luar Negeri? Yuk, Ikut PELTAC!

Mau Menambah Ilmu di Luar Negeri? Yuk, Ikut PELTAC!


Dewasa ini, berbagai pelatihan seringkali diadakan dengan tujuan mengasah keterampilan mahasiswa, baik hard skill mau pun soft skill. Hanya saja, pelatihan yang saat ini sering digelar untuk mahasiswa adalah pelatihan soft skil. Hal ini membuat kita patut bertanya, di samping soft skill yang baik, apakah mahasiswa saat ini sudah memiliki hard skill yang baik juga?

Beruntung, beberapa pelatihan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melatihan soft skill mau pun hard skill mereka. Salah satunya adalah Professional, Engineering, Leadership, Teamwork & Awareness Camp (PELTAC) yang digelar di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Johor.

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro mengirim tiga orang delegasi untuk mengikuti PELTAC 2019 pada 13-17 Januari 2019. Ketiga delegasi tersebut berasal dari Teknik Industri Universitas Diponegoro angkatan 2017, yakni Pradhipta Listyawardhani, Ajeng Hanifah, serta Natasha Gardenia Ameniar. Awalnya, ketiga mahasiswi tersebut mengetahui tentang acara pelatihan tersebut dari kakak-kakak tingkat mereka yang telah lebih dahulu berpartisipasi serta memenangkan perlombaan pada PELTAC di tahun-tahun sebelumnya. Melihat kakak-kakak tingkat mereka yang mendapat banyak ilmu serta pengalaman melalui PELTAC, mereka pun tidak ragu untuk mendaftarkan diri dalam PELTAC tahun ini.

Tentunya, acara ini diikuti karena telah terbukti kualitasnya. Pradhipta, salah satu delegasi dari Undip, menyatakan bahwa ia mendaftarkan diri ke PELTAC 2019 karena ingin mencari pengalaman baru sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya, mengingat ia harus berinteraksi dengan banyak warga negara lain. Awalnya, ia berekspektasi bahwa PELTAC hanyalah seminar untuk melatih soft skill dan sharing informasi untuk pengembangan karir. Ternyata, acara tersebut lebih dari sekadar seminar, karena banyak juga games yang dapat memudahkan peserta dalam memahami materi dan tentunya membuat peserta dapat tetap bersemangat. Meskipun demikian, materi yang disampaikan saat seminar pun tidak kalah menariknya karena disampaikan oleh para pembicara yang sangat berkompeten di bidang yang menjadi materi seminarnya.

Ajeng, delegasi lain dari Undip untuk PELTAC 2019, juga memiliki kesan yang baik terhadap PELTAC 2019. Awalnya, ia mendaftarkan diri karena ingin mengisi liburan dengan kegiatan bermanfaat, khususnya dengan menambah leadership skill serta keterampilan berbahasa Inggris yang jarang diterapkan di kampus. “Tentunya, saya tidak mau melewatkan kesempatan ini karena PELTAC sudah terkenal sebagai acara leadership dan engineering camp yang berisi seminar dan simulasi yang menarik. Ternyata, acara ini memang sangat menyenangkan. Disini, peserta tidak hanya belajar mengenai leadership, tetapi juga belajar cara berdebat yang baik, cara membangun relasi untuk karir di masa depan, bahkan cara mengatur keuangan dan berinvestasi lewat materi cash flow. Selain itu, ada juga kegiatan outdoor yang membuat peserta tidak bosan berada di dalam ruangan terus-menerus,” tutur Ajeng.

Banyak manfaat yang telah didapat kedua delegasi selepas mengikuti PELTAC 2019. Menurut Pradhipta, lewat PELTAC, ia belajar untuk berani mengambil risiko dan untuk menjadi lebih percaya diri. Selain itu, ia tentunya mendapat banyak teman baru dari berbagai negara, yaitu dari Malaysia, Mesir, Somalia, dan masih banyak lagi. Tidak beda jauh dengan Pradhipta, Ajeng merasa telah mendapat banyak relasi melalui acara ini. Selain itu, ia bersyukur dapat bertemu dengan pembicara hebat yang ilmunya bisa ia terapkan. Ajeng pun belajar untuk berani menjadi pemimpin, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Terakhir, ia pun belajar memahami berbagai karakter peserta, mengingat peserta datang dari berbagai negara dengan kultur yang beragam.

Bila tertarik menjadi peserta PELTAC, pendaftaran akan dibuka sekitar Desember hingga Januari. Informasi mengenai pendaftaran dapat dilihat pada akun Facebook dan Instagram PELTAC. Jadi, jangan ragu untuk menjadi peserta PELTAC, ya! (Momentum/Natasha)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Mahasiswa Undip Ubah Minyak Jelantah dan Batuan Fosfat jadi Biodiesel

adminJuly 16, 2019

Mahasiswa Undip Ciptakan Kursi Roda Elektrik Menggunakan Gelombang Otak Yang Dilengkapi Sensor Medis Dan Berbasis IoT

adminJuly 16, 2019

Mahasiswa Undip Berinovasi Menciptakan Biofoam dari Sorgum dan Daun Mangga Kering

adminJuly 16, 2019

HIDE MY POO SOLUSI MENGHILANKAN BAU SETELAH BAB

adminJuly 12, 2019

Mahasiswa Undip Ciptakan Drone untuk Mitigasi Bencana alam

adminJuly 4, 2019

CHARGER WIRELESS GAYA BARU BUATAN MAHASISWA UNDIP, PAKAI CAHAYA UNTUK MENGISI DAYA PERANGKAT

adminJuly 4, 2019