KKN

Pemanfaatan Sampah menjadi Pupuk Cair Organik dan Kerajinan di Desa Tanggungharjo

Pemanfaatan Sampah menjadi Pupuk Cair Organik dan Kerajinan di Desa Tanggungharjo

Tanggungharjo (25/07/2019) – Dalam melakukan aktivitasnya setiap hari, manusia pasti menghasilkan sampah dan jika tidak diimbangi dengan pengelolaan yang baik, maka sampah tersebut dapat menjadi permasalahan bagi makhluk hidup di sekitarnya. Hal inilah yang menjadi masalah utama di Desa Tanggungharjo, Di Kecamatan Tanggungharjo, sampah pasar dibiarkan menumpuk tanpa ada pengelolaan lebih lanjut. Selain itu, warga juga terbiasa membakar sampah-sampah rumah tangga di halaman rumah masing-masing. Pembakaran sampah tentunya menimbulkan asap yang tidak baik untuk kesehatan warga sekitar.

Oleh karena itu, Tim II KKN Undip 2019 Desa Tanggungharjo berupaya untuk mengedukasi warga desa mengenai pengelolaan sampah rumah tangga dengan melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik. Sampah organik, seperti sisa sayuran, air cucian beras, dan lain-lain, dapat diolah menjadi pupuk cair yang dapat diaplikasikan langsung untuk tanaman warga, sedangkan sampah anorganik dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan, contohnya hanger kerudung dan hiasan bunga plastik.

Dalam hal ini, edukasi mengenai pengelolaan sampah rumah tangga berfokus kepada ibu-ibu Desa Tanggungharjo dan disosialisasikan melalui program pertemuan PKK. Antusiasme yang tinggi ditunjukkan oleh ibu-ibu anggota PKK saat demonstrasi berlangsung. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sampah dan mendorong masyarakat untuk mengelola dan memanfaatkan sampah sekitar untuk menjadi barang yang berguna.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KKN

More in KKN

Mahasiswa KKN Undip Lakukan Inovasi Pengolahan Ikan Bandeng

adminAugust 17, 2019

Peduli Anak di Dunia Cyber

adminFebruary 21, 2019

Sosialisasi Pentingnya Imunisasi pada Bayi 0-24 Bulan dan Imunisasi Berkala di Desa Kuanyar, Kecamatan Mayong

adminFebruary 21, 2019