Event

Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro

Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro

Semarang, Momentum – Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro 2019 berlangsung di Stadion Universitas Diponegoro pada hari Senin (05/08/2019). Acara yang berlangsung pada sekitar pukul 07.30 – 09.15 WIB ini selain dihadiri oleh mahasiswa baru, juga dihadiri oleh Rektor Universitas Diponegoro beserta jajarannya.

Upacara yang sekaligus menjadi bagian dari pembukaan serangkaian kegiatan Universitas Diponegoro ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Senat Akademik Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Sunarso, M.S.

Sambutan juga diberikan oleh Wakil Rektor Akademik dan kemahasiswaan,  Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol., Admin., Ph.D. Yang menyampaikan laporan penerimaan mahasiswa baru. Dari laporan tersebut diketahui bahwa jumlah keseluruhan mahasiswa baru tahun 2019 sebanyak 11586 dengan rincian, 210  mahasiswa program doktor, 993 mahasiswa program magister, 105 mahasiswa program spesialis, 34 mahasiswa program profesi, 9205 mahasiswa program sarjana, dan 1039 program vokasi. Selain itu ada juga 10 mahasiswa baru dari program afirmasi dan 1 mahasiswa WNA asal Singapura.

Selanjutnya, dilakukan pembacaan Surat Keputusan Rektor oleh Kepala Biro Administrasi. Puncak dari acara penerimaan mahasiswa baru yaitu pelantikan mahasiswa baru oleh Rektor Universitas Diponegoro dengan pemakaian jas almamater dan penyerahan Kartu Tanda Mahasiswa secara simbolis. Acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah berita acara, penandatanganan serta penyerahan berita acara.

Dalam sambutan yang dilakukan oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Menegaskan bahwa Universitas Diponegoro melarang keras paham radikalisme dan paham-paham lainnya yang bertentangan dengan  Pancasila, beliau juga menyatakan bahwa pihak universitas menolak adanya perpeloncoan karena hal ini merupakan pelanggaran HAM. Dalam sambutannya rektor Universitas Diponegoro tersebut juga berpesan pada mahasiswa baru supaya tidak hanya fokus pada kegiatan akademik tapi juga kegiatan non akademik.

Dalam rangka memperlancar jalannya kegiatan, Resimen Mahasiswa mengerahkan 57 personil ditambah dengan 16 orang delegasi mahasiswa baru. Berbagai fasilitas pun diberikan seperti tenda dan kursi untuk para mahasiswa baru serta snack. Fasilitas kesehatan juga diberikan dengan mengerahkan personil KSR terlatih dan penambahan obat-obatan. Jumlah mahasiswa baru yang sakit pun terjadi penurunan dibandingkan pada tahun sebelumnya. Terhitung hanya 35 mahasiswa yang mengalami sakit selama berlangsungnya acara.

Penutupan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru ditandai dengan meyanyikan Hymne Universitas Diponegoro dan pembacaan doa yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (Momentum/ Fadel dan Tita)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019

Dari Puan Hingga Vidi, Penutupan ODM Undip Hadirkan Nuansa Toleransi dan Persatuan

adminAugust 19, 2019