pemiraft

Kampanye di Arsitektur: Terbatasnya Durasi Kampanye

Kampanye di Arsitektur: Terbatasnya Durasi Kampanye

Semarang, Momentum – Pada Kamis (14/11), telah berlangsung kampanye calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (BEM FT Undip) 2020 di Open Theater Departemen Arsitektur Undip. Kampanye dibuka pukul 16.14 WIB oleh Komisi Pemilihan Raya (KPR), lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) Amoghasida 2019 Wydiandari Chandra. Pada kampanye kali ini, pasangan calon (paslon) Andika Irawan yang akrab disapa Andika selaku calon Ketua BEM FT 2020 dan Fernaldi Gradiyanto yang akrab disapa Aldi selaku calon Wakil Ketua BEM FT 2020 diminta untuk menggambar sketsa Open Theater selama lima menit. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua KPR dan pemaparan visi misi oleh paslon tunggal.

Kampanye dilanjutkan dengan fit and proper test, dimana dibuka tiga sesi tanya jawab dan masing-masing sesi terdiri atas tiga pertanyaan. Sesi pertama diawali dengan pertanyaan dari salah satu mahasiswa Departemen Arsitektur bernama Shania. Perihal yang ditanyakan adalah cara paslon meyakinkan mahasiswa Arsitektur agar bersedia memilih mereka dan memercayai visi misi mereka. Andika dan Aldi meyakinkan massa bahwa mereka telah menyusun Grand Design Organization (GDO) sebaik mungkin. Mahasiswa Arsitektur lain bernama Jauhar menanyakan permasalahan Tasyakuran Wisudawan Fakultas Teknik yang tidak berjalan selama dua tahun ini. Solusi yang ditawarkan paslon adalah memperkuat kerja sama dengan Bidang Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) BEM FT serta mengonsep dengan matang dan mencoba meningkatkan antusiasme mahasiswa Fakultas Teknik terhadap acara ini. Mahasiswa lain bernama Surya juga mengkritk program kerja Saung Sore sebagai wadah diskusi isu yang mulai sepi. Menanggapi kritik ini, paslon tunggal ini akan melakukan diskusi dengan semua Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) di Fakultas Teknik mengenai rumpun kajian Saung Sore.

Di sesi kedua, terdapat pembahasan mengenai mahasiswa baru yang merasa belum memiliki rasa cinta, bangga, dan solidaritas di Fakultas Teknik. Andika dan Aldi berencana mempertahankan Open House Fakultas Teknik yang diikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) di Fakultas Teknik. Selain itu, apabila terpilih, paslon ini juga menawarkan kolaborasi program sebagai perubahan pertama yang dirasakan oleh warga Fakultas Teknik. Mahasiswa Arsitektur juga mengkritik BEM FT 4.0 dan arah gerak riset yang dibawa oleh BEM FT.

Pembahasan mengenai kaderisasi dikritisi di sesi ketiga. Mahasiswa Arsitektur menanyakan berbagai hal yang terkait dengan kendala kaderisasi karena pembatasan birokrasi, follow up grand design kaderisasi, dan janji yang bisa diberikan oleh paslon terkait kaderisasi. Di pertengahan sesi, sempat terjadi interupsi dari mahasiswa Arsitektur yang menyayangkan terbatasnya waktu kampanye. Telah disepakati bahwa kampanye di Arsitektur tidak sampai melebihi azan magrib. Hal ini cukup disayangkan mengingat waktu kampanye di jurusan lain tidak terbatas. Akhirnya, kampanye Pemira FT selesai pukul 18.26 WIB.

Antusiasme mahasiswa Arsitektur cukup tinggi dalam kampanye ini. “Harapannya, setelah Andika dan Aldi datang ke Arsitektur, sedikit banyak mereka tahu keinginan dari mahasiswa-mahasiswa di Arsitektur ke depannya, khususnya untukBEM (FT 2020) dan Arsitektur itu sendiri. Semoga, nantinya (semua janji paslon) dapat direalisasikan atau diusahakan untuk terealisasi di kepengurusan mereka,” ujar Ketua HMA Amoghasida Wydiandari Chandra (Momentum/Mirna).

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pemiraft

More in pemiraft

Teknik Perkapalan Jadi Penutup Kampanye

adminNovember 16, 2019

Hasil Survei Popularitas dan Elektabilitas Calon “Pemimpin” Fakultas Teknik

adminNovember 16, 2019

Kampanye Teknik Geodesi Akhirnya Hanya Dihadiri Dua Angkatan

adminNovember 15, 2019

Kampanye di Elektro: Kolaborasi Masih Dipertanyakan

adminNovember 14, 2019

Kampanye di Teknik Geologi: HMTG Magmadipa sebagai Ancaman, Musuh, atau Partner

adminNovember 13, 2019

Kampanye di Planologi: Visi Misi Jatuh dari Langit

adminNovember 11, 2019