KKN

PRAGEN UPDATE : PENGUKURAN JALAN DAN DRAINASE BARU

PRAGEN UPDATE : PENGUKURAN JALAN DAN DRAINASE BARU

Pragen, Rembang – (21/01) dan (23/01) Mahasiswa Tim 1 KKN Undip 2020 bersama dengan perangkat Desa Pragen melakukan pengukuran pembuatan jalan tembus sawah dan drainase. Program ini merupakan kelanjutan program desa sendiri yaitu pembuatan jalan tembus dan drainase dengan dibantu oleh salah satu mahasiswa Teknik Sipil di TIM 1 KKN Pragen, yaitu Herna Widyayanti. Pelaksanaan program ini dikarenakan air dari area persawahan dan air hujan sering kali meluap ke rumah warga di salah satu RT di Desa Pragen, sehingga perlu dibuat saluran drainase agar air tidak meluap.

Proses Pengukuran Drainase

Berdasarkan hasil pengukuran saluran, direncanakan saluran drainase dengan panjang 164 m, bentuk saluran trapesium dengan lebar atas 110 mm, material yang digunakan adalah pasangan batu pecah. Program perencanaan jalan tembusan pertanian dilakukan karena intensitas para petani dan warga sekitar Desa Pragen yang sering melewati jalan tersebut. Jalan dibuat agar mempermudah sarana transportasi di desa.

Pengukuran Talud dan Jalan Tembus Sawah

Berdasarkan hasil pengukuran jalan tembusan, direncanakan pembangunan jalan tembusan dengan panjang 254 m, rencana jalan tembusan dibagi menjadi 3 bagian, bagian pertama dibangun jalan urugan yang mempunyai lebar jalan 3 m dengan 1 talud di sebelah kiri, bagian kedua jalan urugan yang mempunyai lebar jalan 3 m dengan 1 talud di sebelah kanan. Kedua bagian tersebut dibangun 1 talud karena di Lokasi pengukuran sudah ada saluran drainase yang nantinya direncanakan sebagai pengganti talud di sisi jalan. Bagian yang ketiga, direncanakan jalan urugan yang mempunyai lebar jalan 4 m dengan 2 talud di kedua sisinya. Gorong-gorong direncanakan dengan memanfaatkan saluran yang sudah ada. Bantuan perencanaan ini diharapkan akan memudahkan Kepala Desa untuk mengalokasikan anggaran dana desa yang dibutuhkan dan dapat segera merealisasikan rencana pembangunan jalan tersebut. (Momentum/Herna)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KKN

More in KKN

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Petani Produksi Siwang dan Edukasi Menghafal Al-qur’an, Belajar Bersama dimasa Pandemik Covid-19

adminAugust 20, 2020

Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Warga RT 10/RW 04 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Mengurangi Penyebaran Virus COVID-19 Dan Menghadapi New Normal

adminAugust 17, 2020

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Masyarakat Bayalangu Lor Berbisnis Dan Membuat Ecobrick Di Era New Normal

adminAugust 10, 2020

Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Edukasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Solusi Dampak Pandemi Covid-19 bagi UKM

adminAugust 8, 2020

“Mbangun Deso”ala Mahasiswa KKN UNDIP

adminAugust 6, 2020

Terobosan Teknologi Kreatif Dan Strategi Pemasaran Baru Ala Mahasiswi UNDIP Pasca Pandemi Covid-19

adminAugust 6, 2020