Isu

Arah Gerak ODM UNDIP dan ODM FT

Arah Gerak ODM UNDIP dan ODM FT

Sumber gambar: Akun resmi LINE ODM Undip & ODM FT Undip

Semarang, Momentum– Tahun ajaran baru segera tiba. Semua perguruan tinggi tak terkecuali Undip bersiap menyambut mahasiswa baru. Acara tahunan yang strategis dan ideal dalam rangka penerimaan mahasiswa baru di Univeristas Diponegoro bernama Orientasi Diponegoro Muda (ODM). ODM ini bertujuan untuk membentuk karakter diri yang sesuai dengan nilai Diponegoro, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap almamater.

Di tengah pandemi ini, bermunculan kabar bahwa universitas akan melaksanakan ODM online. Safriko Desna selaku ketua ODM Undip 2020 dan Ilham Adi Nugroho selaku ketua ODM FT 2020 menanggapi bahwa belum ada kepastian untuk kedepannya. Meski begitu, beberapa opsi rencana telah disiapkan. Sisanya tinggal menunggu ketok palu dari rektor dan dekan.

“Untuk saat ini kita sedang menyiapkan tiga plan utama, yaitu plan offline normal, offline social distancing, dan online. Untuk ODM Online sendiri kita masih merumuskan hal apa saja yang nanti akan bisa dan menarik untuk diberikan kepada mahasiswa baru, Khususnya terkait teknis dan juga platform yang paling sesuai dengan kebutuhan ODM dan maba nantinya.” Ujar Safriko.

Tidak jauh berbeda dengan ODM Undip sebelumnya, ODM Undip 2020 mengangkat konsep permasalahan lingkungan yang menjadi tren akhir-akhir ini. Beberapa waktu yang lalu dunia dilanda beberapa bencana alam seperti kebakaran hutan di australia, climate change, banjir di Jakarta dan sebagainya. Dengan latar belakang tersebutlah terbentuk tema bertajuk “Semesta Lingkungan” yang bertujuan menanamkan kepedulian Diponegoro Muda terhadap isu lingkungan dan ikut andil dalam memberikan solusinya.

Tahun ini, ODM Undip akan membawakan 5 nilai utama yaitu kritis, cinta kasih, budi pekerti luhur, karya, dan global. Nilai-nilai tersebut diharapkan bisa dipahami dan diterapkan oleh para Diponegoro Muda dalam kehidupan sehari-hari dan juga bisa mendorong pengimplementasian tema yang dibawakan.

ODM FT 2020 sendiri juga telah menyiapkan 3 konsep yaitu konsep sepenuhnya offline tapi tetap memerhatikan protokol kesehatan, separuh offline separuh online, dan sepenuhnya online. Konsep inilah yang menjadi salah satu pembeda antara ODM FT pada tahun ini dengan tahun sebelumnya.

“Jadi, ketika keputusan rektor dan dekan keluar, kami bisa segera menyesuaikan,” ujar Ilham.

Dengan mengusung tema “Barakan Aksi Nyata Lahirkan Karya untuk Bumi Tercinta”, ODM FT 2020 mengharapkan semangat dan optimisme dari mahasiswa teknik dalam bertindak secara nyata agar mampu menghasilkan buah karya yang kreatif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Di tahun ini mengangkat 6 nilai yang terdiri dari kebersamaan, optimis, kreatif, tanggung jawab,  komunikatif, dan peduli. Masing-masing nilai ini mempunyai makna yang diharapkan mampu tertanam pada mahasiswa teknik kedepannya.

Safriko dan Ilham berharap agar ODM 2020 ini dapat memberikan kebermanfaatan yang masif kepada masyarakat luas maupun kepada mahasiswa baru UNDIP dengan nilai-nilai yang telah diberikan.

Penulis : Tiur, Veve dan Siska

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isu

More in Isu

Konsorsium Merdeka Belajar, Implementasi Kampus Merdeka

adminNovember 16, 2020

Penangguhan Penahanan Mahasiswa Undip Pasca Demo Omnibus Law

adminNovember 16, 2020

Kabar Lanjutan Terkait Subsidi Kuota Kemendikbud di UNDIP

adminOctober 23, 2020

Simpang Siur Pemilihan Raya (Pemira)

adminOctober 23, 2020

Peran API Teknik dalam Realisasi Mimpi Teknik 2020-2024

adminOctober 9, 2020

Surat Perjanjian Telah Dibuat, Pelaku Masih Gencar?

adminSeptember 12, 2020