Coretan Teknik

Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Warga RT 10/RW 04 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Mengurangi Penyebaran Virus COVID-19 Dan Menghadapi New Normal

Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Warga RT 10/RW 04 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Mengurangi Penyebaran Virus COVID-19 Dan Menghadapi New Normal

Jakarta (8/8/20) – Berkaitan dengan kondisi pandemik saat ini, Universitas Diponegoro (UNDIP) mengirim mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah rumah masing-masing selama 45 hari. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian UNDIP kepada masyarakat di seluruh Indonesia. 

Mahasiswa UNDIP diwajibkan untuk membuat program yang berhubungan dengan tindakan pencegahan COVID-19 dan program Sustainable Development Goals. Namun, dalam pelaksanaannya mahasiswa juga harus tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker,  faceshield apabila perlu, dan menjaga kebersihan tangan.

Gambar 1. Pemasangan Handless Sanitizer with Foot Pedal di wilayah RT 10/04

Universitas Diponegoro atas seizin Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bersama-sama mencari solusi dengan membuat kebijakan tetap mengadakan KKN walaupun dengan cara mandiri dan di wilayah rumah masing-masing. Oleh karena itu, Program KKN yang dilakukan dan diimplementasikan oleh mahasiswa KKN Tim II mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota, kecamatan, kelurahan, dan masyarakat.

Salah satu cara menjaga kebersihan tangan adalah dengan menggunakan hand sanitizer. Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk membuat alat handless sanitizer with foot pedal agar masyarakat di wilayah RT 10/RW 04, Kelurahan Pasar Baru tidak lupa membersihkan tangan tidak hanya saat di rumah, tetapi juga saat beraktivitas di luar rumah.

Gambar 2 Pemasangan Poster Metode 3P+2J di Wilayah Masuk RW 04

Alat ini dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan, tidak mahal, namun dapat berfungsi secara maksimal. Alat ini juga disertai dengan poster cara penggunaan alat dan membersihkan tangan yang baik. Pengadaan alat ini disambut baik oleh warga sekitar dan sudah digunakan oleh para warga RW 04 yang akan masuk dan keluar wilayah RW 04. Untungnya RW 04 mengadakan lock down lokal yang membuat hanya ada satu akses masuk dan keluar wilayah sehingga lebih mudah untuk melakukan pengontrolan.

Gambar 3. Pembagian Booklet Program K3 pada Tetangga Sekitar

Selain itu, mahasiswa juga memperhatikan keresahan warga, terutama karena semakin tingginya penderita COVID-19 di Jakarta. Sejak dimulainya masa transisi new normal, tingkat aktivitas warga menjadi semakin meningkat, sehingga perlu sekali dilakukan pencerdasan terkait protokol menjaga diri yang sering dilewatkan dan dianggap remeh oleh para warga.

Dengan kerisauan ini, maka mahasiswa UNDIP melakukan sosialisasi program K3 untuk menghadapi new normal dengan metode 3P+2J. Diharapkan warga RT 10 dapat semakin sadar bagaimana menjaga diri secara maksimal, sehingga penyebaran virus COVID-19 di wilayah RT 10/RW 04 berkurang.

Harapannya, dengan kedua program ini mampu membuat masyarakat semakin sadar tentang pentingnya menjaga diri dan tentu saja membantu mengurangi penyebaran virus COVID-19 ketika memasuki wilayah RT 10/RW 04, Kelurahan Pasar Baru. Selain itu, diharapkan tingkat pengetahuan masyarakat akan pola hidup sehat akan meningkat sehingga selaras dengan Sustainable Development Goals yang sedang diterapkan di dunia, terutama pada poin ke-3 yaitu “Good Health and Well Being“.

Penulis : Angelo Prathama Arthur Nugraha

#kkntimIIperiode2020 #p2kknUNDIP #lppmUNDIP #kknUNDIPtim2

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Review Novel Crying Winter

adminNovember 25, 2020

Keberlanjutan UKT Undip

adminNovember 16, 2020

Aksi Boikot Produk Prancis

adminNovember 16, 2020

Depresi Besar Amerika “Tanpa Sengaja” Menciptakan Tren Pakaian dari Bahan Karung

adminNovember 2, 2020

Kabar Subsidi Kuota Undip setelah Bantuan Kuota Kemdikbud Turun

adminOctober 7, 2020

Jurnal Yang Tertinggal

adminOctober 3, 2020