Ristek

Pembangkit Listrik Independen Tenaga Bubble Gagasan Mahasiswa Undip

Pembangkit Listrik Independen Tenaga Bubble Gagasan Mahasiswa Undip

Semarang, Momentum — Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim BB08, merancang pembangkit listrik independen bertenaga gelembung. Pembangkit ini memanfaatkan sifat gelembung udara yang naik ke atas untuk kemudian mendorong generator sehingga menciptakan arus listrik.

Menurut Sarofah, salah satu anggota Tim BB08, ide pembangkit listrik tenaga gelembung ini dipilih karena ide ini dirasa menarik dan belum pernah ada sebelumnya.  “Karena selama ini pembangkit listrik yang ramah lingkungan menggunakan sumber daya alam. Misal panel surya yang butuh sinar matahari, kincir angin/air yang butuh angin/air. Nah sumber daya alam kita sewaktu-waktu bisa ada hambatannya. Makanya, muncul ide pembangkit listrik yang pembangkitnya dibuat, jadi nggak pakai faktor sumber daya alam,” tutur Sarofah.

Kelebihan pembangkit listrik tenaga gelembung ini adalah penggunaannya yang tidak terpengaruh oleh faktor alam seperti cuaca atau semacamnya. Hal ini dikarenakan gelembung tersebut diciptakan dan dapat diatur sendiri, sehingga pembangkit ini disebut juga pembangkit listrik independen.

Sarofah menuturkan bahwa hambatan terbesar merancang pembangkit listrik independen ini adalah waktu. Kesibukan masing-masing anggota tim, ditambah dengan pandemi, membuat diskusi maupun pengerjaan mereka dirasa kurang maksimal. Kendati demikian, gagasan mereka tentang pembangkit listrik independen tenaga gelembung ini mampu membuat mereka lolos pendanaan PKM 5 bidang.

“Harapannya, karya ini memang bisa direalisasikan, meskipun butuh riset yang lebih dalam karena bertentangan sama hukum kekekalan energi,” ujar Sarofah.

Penulis : Fadillah dan Gunawan

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ristek

More in Ristek

Info SSO (Single Sign On)

adminMay 24, 2019

Pemanfaatan Sampah Anorganik dengan Hidroponik dan Inovasi Olahan Sayur Sebagai Program Multidisiplin KKN Tim II Desa Nglondong

adminAugust 24, 2018

Batulempung & Zeolite, Terobosan Baru Penjernih Air Kapur di Desa Kedungringin

adminAugust 24, 2018

Briket Sekam Padi sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Padat Sekam Padi di Desa Gunung Tumpeng

adminAugust 20, 2018

Alat Penembak Drone Ilegal Buatan Mahasiswa UNDIP

adminJune 14, 2018

Ksatria Hydros Siap Ikut Ajang Internasional

adminApril 29, 2018