rubrik

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

Semarang, Momentum – Kabar gembira bagi para pecinta bahasa inggris karena English Day akan menyapa warga FT Undip setiap hari Senin dimulai (17/10). English Day merupakan sebuah kegiatan untuk melatih kebiasaan mendengar, membaca, berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Program ini diterapkan sebagai upaya percepatan internasionalisasi untuk mendukung program World Class University (WCU) Universitas Diponegoro. English Day juga sudah disosialisasi di website resmi FT Undip yang diunggah pada (10/8) lalu.

Ide dari program ini dicanangkan oleh Bapak Ari Eko Widyantoro, S.T., M.Si selaku Kepala Bagian Tata Usaha FT Undip. Beliau terinspirasi saat mengunjungi University Technology Malaysia (UTM) yang memiliki peringkat WCU jauh di atas Undip.

“Banyak sekali mahasiswa asing di lingkungan kampus UTM yang berbahasa inggris, bahkan para staf di sana sangat lancar dalam memberikan pelayanan menggunakan bahasa inggris,” ujar Pak Ari.

Program ini dimulai dari komitmen untuk mendukung Undip sebagai World Class University (WCU). Disamping itu adanya indikator dalam Renstra berupa peningkatan jumlah program studi yang menyelenggarakan kelas internasional dan jumlah mahasiswa internasional yang harus dicapai karena merupakan komitmen yang sudah disepakati dalam kontrak kinerja antara fakultas dengan universitas.

Program Sarjana Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) dirancang untuk memenuhi tuntutan kompetisi global saat ini. Untuk mendukung program IUP, kemampuan berbahasa inggris harus ditingkatkan supaya bisa melayani mahasiswa internasional dengan baik. Saat ini sudah ada tiga program studi yang melaksanakan IUP di FT Undip yaitu Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan PWK. Prodi yang melaksanakan IUP pun akan selalu ditingkatkan jumlahnya.

Program ini bermaksud untuk memotivasi kemampuan bahasa inggris terutama pada mahasiswa karena kemampuan berbahasa inggris sangat penting dimiliki saat berada di lapangan kerja kelak. Bagi mahasiswa yang belum fasih berbahasa inggris, dapat mempelajarinya mulai dari sekarang. Ilmu bahasa inggris tidak harus selalu dari dosen, banyak media lain yang dapat menjadi “guru” untuk mempelajarinya yang dapat diakses secara gratis.

Dari pihak dekanat sendiri, terdapat grup pelatihan bahasa inggris dan grup percakapan WhatsApp bahasa inggris. Mahasiswa dapat menirunya dengan membuat grup bahasa inggris di media sosial atau minimal terdapat mahasiswa yang mengingatkan di dalam grup tersebut untuk menggunakan bahasa inggris saat hari Senin tiba.

“Walaupun sulit untuk konsisten tentang hal ini, warga FT diminta untuk tetap semangat berusaha demi lancarnya program ini dan demi kebaikan universitas juga untuk menaikkan peringkat di WCU. Semoga kedepannya dapat diterima oleh semua warga kampus,” imbuh Pak Ari.

Penulis : Rara Fatma Angraini dan Vesya Zalfa Fanerika

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rubrik

More in rubrik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Menepis Isu Penyelewengan Data Semester Akhir di PWK Undip

adminJune 11, 2020

Subsidi Kuota Tak Kunjung Cair, Ini Kata Rektor Undip

adminJune 11, 2020

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

Ada Apa dengan Juknis Pemira Ke-2?

adminOctober 29, 2019

PERJALANAN MENCARI MAKNA TUBUH

adminMay 7, 2019