Coretan Teknik

Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Edukasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Solusi Dampak Pandemi Covid-19 bagi UKM

Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Edukasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Solusi Dampak Pandemi Covid-19 bagi UKM

Tembalang, Semarang – Pada (22/7) Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang saat ini sedang menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Covid-19 yang dilaksanakan secara monodisiplin pada masing-masing lokasi tempat tinggal. Tema yang diusung pada kegiatan KKN kali ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Dikala pandemi saat ini, banyak pihak yang merasakan dampak kerugian, salah satunya bagi sektor pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM). Pengusaha kecil dituntut harus mampu bertahan untuk tetap menstabilkan perekonomian mereka. Dampak yang dirasakan bukan hanya penurunan omset karena daya beli konsumen menurun, namun pemilik usaha juga kesulitan untuk kembali menjalankan bisnis dengan protokol kesehatan yang tetap aman bagi para pekerja maupun konsumen.

UKM Miago (Mie Ayam Goreng) Pak Joko, yang berlokasi di Kedungmundu, Kelurahan Sambiroto, Semarang merupakan salah satu UKM bidang warung makan yang terdampak akibat kondisi pandemi ini. Pemilik UKM Miago, Ibu Nela, menyebutkan bahwa tantangan terberat yang dihadapi saat ini yaitu menstabilkan kembali kondisi keuangan warung serta kembali membangun relasi yang baik dengan konsumen. Melihat masalah tersebut, maka disusunlah program KKN ini sedemikian rupa agar dapat membantu memberi solusi bagi pemilik usaha yang terdampak pandemi.

Pada program ini, dilaksanakan dua kegiatan utama. Kegiatan pertama yaitu sosialisasi protokol kesehatan bagi pekerja dan konsumen di UKM yang bertujuan agar kegiatan jual beli di UKM dapat tetap berjalan, diiringi penerapan standar pencegahan Covid-19 yang baik. Kegiatan kedua yang dilaksanakan yaitu edukasi penggunaaan media sosial sebagai platform yang efektif untuk kembali menarik minat konsumen terhadap produk milik UKM.

Persiapan program ini dimulai pada (5/7) dari membangun kesepakatan dengan pemilik UKM, negosiasi, pembuatan dan pengelolaan media sosial hingga persiapan materi, alat dan bahan. Kegiatan pelaksanaan program dilaksanakan pada Rabu (22/7). Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya melakukan sosialisasi dengan pemilik usaha menggunakan poster protokol kesehatan bagi pekerja dan pelanggan. Melalui poster tersebut, dijelaskan mengenai hal-hal yang harus dipahami oleh kedua pihak agar protokol kesehatan di UKM bisa terlaksana dengan baik. Selain itu, dilakukan penyerahan produk homemade handsanitizer yang dibuat oleh Mahasiswa serta pemaparan singkat mengenai cara pembuatannya. Kegiatan terakhir yang dilakukan yaitu menjelaskan kepada pemilik UKM mengenai cara mengelola sosial media sebagai platform bisnis dengan menjelaskan sistem paid promote.

Dengan adanya program ini, diharapkan pemilik UKM dan para pekerja dapat melakukan gerakan perubahan dalam menghadapi dampak pandemi dab terbantu untuk kembali menjalankan usaha dengan baik.

Reporter : Fildzah Nada Ayu Z – Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro

Dosen KKN : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Inovasi UMKM Sayur dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19

adminDecember 4, 2020

Progresivitas Lembaga Pers dalam Mengontrol Opini Warga Teknik

adminDecember 4, 2020

Review Novel Crying Winter

adminNovember 25, 2020

Keberlanjutan UKT Undip

adminNovember 16, 2020

Aksi Boikot Produk Prancis

adminNovember 16, 2020

Depresi Besar Amerika “Tanpa Sengaja” Menciptakan Tren Pakaian dari Bahan Karung

adminNovember 2, 2020