Isu

Mari Berkunjung Ke Rumah Baru Mahasiswa Vokasi Undip

Mari Berkunjung Ke Rumah Baru Mahasiswa Vokasi Undip

liputan6.com

Semarang, Momentum – Kabar baik datang dari Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro yang baru – baru ini telah merampungkan pembangunan gedung baru mereka di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang Jawa Tengah. Dilansir dari UNDIP Weekly, gedung baru Sekolah Vokasi Undip ini masuk dalam program pemerintah untuk mengembangkan pendidikan vokasi. Ini merupakan hasil kemitraan Universitas Diponegoro dengan Astra dan Sinar Mas untuk membangun gedung baru Sekolah Vokasi Undip.

Gedung baru Sekolah Vokasi Undip diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (26/8/2020), acara peresmian ini digelar di istana negara Bogor. Gedung Sekolah Vokasi mulai dibangun pada 12 Maret 2019 dan memakan lahan seluas 4,900 m2. Fasilitas yang disediakan sejalan dengan kebutuhan pendidikan vokasional antara lain ruang kuliah berteknologi 4.0 seperti digital class room, video conference, studio produksi bahan kuliah MOOC (Massive Online Open Course) ruang perpustakaan dan arsip digital, serta laboratorium. Terdapat pula ruangan untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Vocational Development Center (VDC). Dua unit ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan Sekolah Vokasi Undip agar benar – benar siap kerja. Terlebih lagi, gedung vokasi terdiri dari 4 lantai, telah bersertifikat green building internacional dari Green Building Council. Selain itu, dilengkapi dengan keberadaan panel surya yang sekaligus dijadikan sebagai teaching industry di bidang renewable energy. Gedung ini dilengkapi dengan pengolahan limbah cair (water recycle system), material gedung ramah lingkungan, biopori untuk peresapan air hujan, serta desain dengan pencahayaan dan ventilasi cukup sehingga hemat energi.

Sekolah Vokasi Undip memiliki visi menjadi pusat pendidikan vokasional yang unggul serta bertaraf internasional, dengan mengusung tagline “Saatnya Vokasi Juara”. Terdapat 11 program studi S1 terapan yang tergabung dalam 4 departemen, yaitu Departemen Teknologi Industri, Departemen Sipil dan Perencanaan, Departemen Informasi dan Budaya, serta Departemen Bisnis dan Keuangan. Dengan jumlah mahasiswa 7000 orang.

“Saya sendiri pastinya senang sebagai mahasiswa vokasi. Akhirnya gedung yang ditunggu-tunggu jadi juga. Saya pkir karena efek pandemi COVID-19 mungkin gedung SV baru selesai dibangun tahun 2021”, ucap Tiara, salah satu mahasiswi semester 3 prodi Hubungan Masyarakat SV Undip.

Fahmi yang merupakan salah satu mahasiswa semester 3 program studi Akuntansi SV Undip mengaku belum sepenuhnya mendapat kejalasan kapan rumah baru Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro ini mulai bisa digunakan sebagai sarana belajar bagi mahasiswa vokasi, ia juga senang apabila di minta pindah ke gedung baru dan bisa lebih dekat dengan teman-teman di Tembalang.

Semoga kedepannya Undip lebih meningkatkan kualitas baik dari segi sarana dan prasarana, serta pemerataan kepada semua komponen yang menjadi bagian dari Undip segera terlaksana. Bravo Undip!

Penulis: Gunawan & Rara

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isu

More in Isu

Kabar Lanjutan Terkait Subsidi Kuota Kemendikbud di UNDIP

adminOctober 23, 2020

Simpang Siur Pemilihan Raya (Pemira)

adminOctober 23, 2020

Peran API Teknik dalam Realisasi Mimpi Teknik 2020-2024

adminOctober 9, 2020

Surat Perjanjian Telah Dibuat, Pelaku Masih Gencar?

adminSeptember 12, 2020

Tuduhan Gay ke Beberapa Mahasiswa Elektro Undip, Kahim Elektro: Itu Hoax!

adminSeptember 6, 2020

Kampus Merdeka: Program Bela Negara Pendidikan Militer Di Lingkungan Akademi, Apakah Diperlukan?

adminSeptember 1, 2020