Pojok Semarang

Kota Lama, Seribu Makna

Kota Lama, Seribu Makna

Dokumentasi Pribadi

Semarang, Momentum─ Kota Lama Semarang, merupakan bagian peninggalan sejarah yang ada di Semarang, yang sudah direvitalisasi. Pada tahun 2013 awal, kondisi kota lama cenderung lebih kumuh, tidak terawat, bahkan orang luar pun tak akan menyadari bahwa tempat ini adalah lokasi peninggalan sejarah. Namun pada pertengahan tahun 2019, pelaksanaan revitalisasi Kota Lama Semarang, mulai dirampungkan.

Kondisi yang sangat berubah menjadikan wilayah ini lebih banyak dikunjungi orang – orang, bahkan dari luar kota. Suasana yang seperti berada di era 90an, menjadikan alasan utama pengunjung kota lama semakin meningkat. Namun walaupun suasana yang terasa di era yang lama, teknologi di sini pun juga tetap diperhatikan. Terlihat pada lokasi – lokasi tertentu, telah tersebar charging station, cafe, rumah makan bergaya klasik dan beberapa galeri seni.

Kota lama saat ini menjadi andalan Kota Semarang yang sudah diakui sebagai aset nasional. Revitalisasi kota lama sendiri dilakukan untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai “world heritage” oleh UNESCO. Langkah tersebut sudah nyata memperbaharui visual Kota Lama dimana semakin indah dan semakin nyata dengan Nederland.

Namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan kembali. Kawasan Kota Lama yang menjadi salah satu jalan utama di Semarang Utara masih cukup mengganggu para wisatawan dimana mereka tidak dapat menikmati pemandangan dengan leluasa. Kepadatan transportasi juga menambah udara panas di Kota Lama

Banyak upaya yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang salah satunya adalah diberlakukannya Car Free Night beberapa bulan yang lalu dimana setiap hari Jumat-Minggu pukul 18.00, jalan utama yang melintasi kota lama pusat ditutup sehingga wisatawan dapat berjalan leluasa di berbagai sudut jalan. Dituturkan juga oleh beberapa warga setempat, bahwa Pemerintah Kota Semarang juga akan melakukan penanaman kabel listrik dengan tujuan menyatakan Little Nederland. Namun tentu saja hal tersebut membutuhkan waktu dalam perencanaan dan pembangunanya.

Kota Lama sudah diincar oleh pemerintah sebagai salah satu wisata andalan Semarang. Bahkan kabarnya pemerintah melakukan kerja sama dengan salah satu pihak Belanda untuk melakukan pembangunan trem dan kanal untuk Kawasan Kota Lama. Hal tersebut sangat mengagumkan karena dapat mengembalikan bentuk awal kota lama pada masa lampau.

Dengan adanya revitalisasi ini sendiri, diharapkan kota lama akan semakin ramai dikunjungi yang tidak hanya sekedar berswafoto tapi juga mengingat kembali sejarah kota semarang yang berasal dari pelabuhan dengan pusatnya di kota lama. (Sae/Momentum)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pojok Semarang

More in Pojok Semarang

Mengingat Kembali Festival Buku Keliling Tahunan Patjar Merah

adminOctober 15, 2020

Semarang Contemporary Art Gallery Bercerita

adminOctober 11, 2020

Bukit Cinta Tempat Eksis Muda Mudi Menikmati Senja

adminOctober 1, 2020

Wisata Dusun Semilir, Meluncur diatas Pelangi Hingga Nuansa Khas Eropa

adminOctober 1, 2020

Eling Bening, Wisata Alam Modern

adminSeptember 26, 2020

Semakin Mendunia, Kampung Pelangi Semarang Terus Berbenah Diri

adminSeptember 6, 2017