Pojok Semarang

Mengingat Kembali Festival Buku Keliling Tahunan Patjar Merah

Mengingat Kembali Festival Buku Keliling Tahunan Patjar Merah

Sumber : https://ceknricek.com/a/festival-buku-tahunan-patjar-merah-digelar-di-kota-lama-semarang/12953

Semarang, Momentum─Pernahkah kalian mengunjungi event buku dengan harga-harga buku yang murah dan dengan nuansa zaman dulu. Kalian bisa mendatangi Patjar Merah ini. Festival buku tahunan keliling Patjar Merah ini digelar di Semarang pada tanggal 29 November 2019 hingga 8 Desember 2019 setelah sebelumnya sukses digelar di kota Yogyakarta dan kota Malang.

Pasar buku murah ini berkonsepkan mengapresiasi ruang yang lama tidak terpakai untuk mengaktualisasikan kembali gedung tersebut. Festival Patjar Merah Semarang ini diselenggarakan di Kota Lama, tepatnya di Soesmans Kantoor dan Monood Depius & Co. Bangunan ini merupakan bangunan bekas peninggalan kolonial Belanda yang akan ditetapkan oleh UNESCO sebagai tahta kota pusaka dunia.

Berbagai buku mulai dari novel, sejarah, psikologi, politik, hingga buku anak anak yang dijual dengan diskon sampai 80 persen. Selain pasar buku, festival ini juga menyediakan beberapa merchandise dan juga ada acara-acara kecil seperti penampilan pembacaan puisi dari para pengunjung yang sukarela untuk membacakannya. Festival buku ini tidak menerapkan biaya masuk, jadi kita bisa menikmati dengan membaca buku-buku yang ada dan menikmati acara serta nuansa ruangan ini dengan gratis.

Festival ini sangat bagus untuk dinikmati dari segala kalangan terutama golongan muda. Generasi millennial dapat merasakan belanja buku dengan harga yang murah dengan nuansa zaman jajahan Belanda. Event ini dapat meningkatkan minat literasi dari masyarakat. Hal ini dapat mematahkan stigma generasi milenial yang disebut-sebutkan sebagai “generasi nunduk”. Festival buku ini juga sebagai bentuk perlawanan pameran buku yang biasanya monoton.  Semoga saja festival buku serupa bisa kembali hadir di Kota Atlas ini. (Momentm/Abrar)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pojok Semarang

More in Pojok Semarang

Semarang Contemporary Art Gallery Bercerita

adminOctober 11, 2020

Kota Lama, Seribu Makna

adminOctober 3, 2020

Bukit Cinta Tempat Eksis Muda Mudi Menikmati Senja

adminOctober 1, 2020

Wisata Dusun Semilir, Meluncur diatas Pelangi Hingga Nuansa Khas Eropa

adminOctober 1, 2020

Eling Bening, Wisata Alam Modern

adminSeptember 26, 2020

Semakin Mendunia, Kampung Pelangi Semarang Terus Berbenah Diri

adminSeptember 6, 2017