Isu

Peran API Teknik dalam Realisasi Mimpi Teknik 2020-2024

Peran API Teknik dalam Realisasi Mimpi Teknik 2020-2024

Sumber: lingkungan.ft.undip.ac.id

Semarang, Momentum – Belakangan ini, media sosial instagram diramaikan dengan munculnya API Teknik atau Aliansi Perumus Isu Teknik. Aliansi yang digagas berdasarkan keresahan-keresahan yang ada di fakultas Teknik Universitas Diponegoro. API Teknik dikoordinatori oleh Sospol BEM FT, dimana anggotanya untuk saat ini adalah mahasiswa dari beberapa jurusan yang memanfaatkan Gedung Kuliah Bersama (GKB) sebagai tempat belajar di ranah Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Beberapa jurusan tersebut di antaranya Teknik Lingkungan, Teknik Geodesi, Teknik Komputer, Teknik Perkapalan serta beberapa jurusan diluar GKB seperti Teknik Industri dan Teknik Kimia serta dibantu oleh Senat Mahasiswa FT.

Isu yang dibawa adalah keresahan-keresahan yang ada di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Perkara yang sedang dikawal saat ini adalah permasalahan terkait perlunya gedung baru untuk beberapa jurusan yang menempati GKB. Mimpi Fakultas Teknik 2020-2024 ialah yaitu pembangunan gedung 10 lantai untuk 4 Departemen (Teknik Geodesi, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan dan Teknik Komputer), pembangunan laboratorium/studio untuk pengerjaan tugas akhir, akreditasi Internasional IABEE dan KAAB, peningkatan jumlah delegasi nasional dan internasional serta penyiapan infrastruktur Fakultas Teknik berkelas dunia.

“Kita sebagai mahasiswa bertanggung jawab atas kemaslahatan warga Fakultas Teknik, khusunya yang sekarang menimpa warga GKB. Modal awal yang ingin kami bentuk adalah kesadaran dan keresahan ini merupakan milik “bersama”. Dari sini kita coba salurkan realita yang terjadi dari mahasiswa, khususnya warga GKB dengan cara seperti forum yang kemarin (27/9) dan penyebaran survey terkait permasalahan GKB. Setelah itu barulah kita mendapatan data dan akan dibentuk kajian komprehensif yang nantinya akan diadvokasikan kepada pihak dekanat,” ucap Ferdian Yusuf P, salah satu anggota API Teknik.

Dikutip dari official account API Teknik, dapat dilihat melalui data bahwasanya kualitas dan kuantitas fasilitas cukup kurang. Namun, dengan minim dan kurangnya fasilitas yang dapat digunakan, mahasiswa GKB tetap mampu menorehkan prestasi yang banyak. Lantas dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh mahasiswa GKB, apakah sepatutnya mahasiswa GKB masih mendapatkan fasilitas yang kurang layak seperti ini? Keresahan ini sudah menemukan titik terangnya setelah dipresentasikannya “Mimpi Fakultas Teknik 2020-2024” pada Forum Sosialisasi Kenaikan Uang Kuliah Tunggal yang diselenggarakan pada tanggal 13 Desember 2019 lalu. Diharapkan untuk kedepannya pihak Dekanat Fakultas Teknik dan Rektorat Universitas Diponegoto dapat merealisasikan Mimpi Fakultas Teknik 2020-2024. (Momentum/Veve dan Rara)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isu

More in Isu

Akses SSO diblokir?

adminNovember 25, 2020

Sebuah Kritik Orde (Paling) Baru dari BEM FH Undip

adminNovember 25, 2020

Konsorsium Merdeka Belajar, Implementasi Kampus Merdeka

adminNovember 16, 2020

Penangguhan Penahanan Mahasiswa Undip Pasca Demo Omnibus Law

adminNovember 16, 2020

Kabar Lanjutan Terkait Subsidi Kuota Kemendikbud di UNDIP

adminOctober 23, 2020

Simpang Siur Pemilihan Raya (Pemira)

adminOctober 23, 2020