Prestasi

Si Emas dari Bali

Si Emas dari Bali

Sumber : Dokumen Pribadi

Semarang, Momentum – Tak akan ada kata ‘selesai’ dalam mengukir sebuah karya. Seperti itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan sosok ini. Seorang inspiratif yang memiliki ‘gairah’ dalam mengukir prestasi dan berani memulai dengan sebuah keyakinan yang dia sebut sebagai kenekatan.

Sang inspiratif ini adalah Ilham Muhammad, mahasiswa asal Denpasar yang sedang menempuh kuliah semester tiga di Teknik Geologi Undip. Ilham memiliki banyak prestasi yang membanggakan. Sudah ada 20 prestasi yang diraihnya selama satu tahun perkuliahan, diantaranya Juara satu LKTIN HMTI Univet Bantara Sukoharjo 2020, Juara satu pada lomba Essay “Peran Media dan Literasi” Gubuktulis 2020, Juara dua Essay Polymer Faculty of Pharmacy UNEJ 2020, Juara dua LKTIN PRI DIAIN Pekalongan 2020, dan Juara dua pada Essay Semarang Energy Summit 2020.

Selain di tingkat nasional, Ilham juga telah mengukir prestasi pada tingkat internasional. Dua karyanya lolos seleksi gratis dalam Africa OCIIP Expo Online Competition yang diselenggarakan oleh Organization for Creativity Innovation and Invention Promoting (OCIIP. Jumat (9/10/2020), Ilham sedang dalam persiapan Expo onlinenya yaitu pembuatan video dan poster. Dia juga terjun menjadi Volunteer dalam Istanbul Youth Summit 2021 Public Leadership through The Crisis. Selain kegiatan dalam ranah penelitian, kegitan Ilham dalam organisasi juga tidak kalah menarik. Pada tahun 2020, dia mendapatkan amanah sebagai Vice Chairman di organisasi Indonesia Young Scienticst Assocdiation Chapter Central Java. Organisasi ini bergerak dalam mewadahi peneliti muda Indonesia untuk berkarya dan berinovasi serta mempersiapkan kompetisi mereka terutama di luar negeri.

Dari banyaknya kegiatan dan prestasi yang diukirnya, konsentrasi ilham dalam perlombaan itu juga sangat banyak yaitu mulai dari Model United Nation, LKTI, essai, Invention dan Exhibition dan saat ini Ilham pun ingin mencoba PKM. Hal ini tidak lepas dari mottonya yaitu ‘Mulailah dan belajar nekat, karena itu dasar prestasi dan tantangan bagi diri sendiri’.

“Justru pembuatan karya ilmiah itu dimulai dari kenekatan, oleh karena itu motto hidup saya selalu mengedepankan kenekatan dalam hal positif,” ujarnya.

Ilham menambahkan targetnya kedepan, bahwa dia tidak hanya memiliki target untuk memenangkan sebuah kompetisi saja, akan tetapi lebih berorientasi kepada karya yang dia miliki bisa dimanfaatkan untuk orang lain, semisal bisa menangani kemiskinan, pencemaran lingkungan, itu yang lebih penting, jadi bisa memberikan target untuk standar yang lebih tinggi. Karena kualitas diri seseorang dicerminkan dari standar yang mereka tetapkan dalam diri mereka sendiri. Pengalaman berharga bagi Ilham sendiri justru ketika dia bertemu dengan teman-teman yang bisa dibilang “nekat”, karena kebanyakan teman-temannya bukanlah orang yang sekedar pintar secara teoritis saja, akan tetapi memiliki kekuatan positif untuk mencoba tantangan baru.

“Cobalah memulai dari sekarang menentukan tujuan kalian ketika menjadi mahasiswa, seperti fokusnya ingin kemana, sehingga ketika teman-teman sudah lulus dapat menarik kesimpulan apa yang telah teman-teman lakukan sebagai mahasiswa karena dengan demikian 1 pedang akan benar-benar terasah, hal ini diajarkan sang mentor kepada Ilham,” ujar Ilham.

Penulis : Rara dan Tiur

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

Berpertasi dan Mengabdi Kepada Masyarakat:Mitigasi dengan Virtual Reality

adminNovember 25, 2020

Prestasi Mahasiswa Teknik Industri dalam Inovasi Produk Ergonomi

adminNovember 25, 2020

Undip Berlaga di PIMNAS 33

adminNovember 13, 2020

Mengukir Prestasi Lewat Karya Tulis

adminOctober 9, 2020

NGOBROL SEPUTAR MAHASISWA BERPRESTASI BARENG AMANDA MARGARETH

adminSeptember 25, 2020

Bincang-Bincang Mahasiswa Berprestasi Bersama Hans

adminJune 12, 2020