Izzati

This slideshow requires JavaScript.

Izzati adalah biro kerohanian islam S1 Teknik Universitas Diponegoro. Awal terbentuk, biro ini bernama FSMM ( Forum Silaturahim Mahasiswa Muslim ). Namun, karena namanya dianggap mirip dengan Fakultas Sains dan Matematika (FSM), maka pada tahun 2012 diadakan sayembara pergantian nama untuk FSMM. Kemudian terpilihlah nama “Izzati” yang mempunyai arti Kemuliaan atau Kejayaan, dengan begitu harapanya Izzati mampu memberikan Kemuliaan dan Kejayaan bagi ummat Islam khususnya di Fakultas Teknik.

Satu hal yang unik di rohis fakultas teknik adalah dipisahnya rohis untuk S1 dan D3. Izzati untuk mahasiswa S1 dan FKMI untuk D3 Fakultas Teknik. Hal tersebut dilakukan guna memperluas dakwah, mengefektifkan koordinasi karena jumlah mahasiswa yang besar dan mengantisipasi rencana akan didirikanya Sekolah Vokasi di Fakultas Teknik Undip

Melihat kans Izzati yang cukup besar di mata rohis lain di Indonesia, serta sejarahnya sebagai rohis Fakultas Teknik tertua, maka dicanangkanlah Visi Izzati 2015-2010 yakni :

“Menjadi Model Rohis Teknik Nasional tahun 2020”

Model Rohis secara sederhananya berarti Izzati menjadi ‘Uswah Hasanah’ bagi Rohis FT di daerah lainnya. Harapanya hal ini dapat mengakselarasi dakwah mahasiswa teknik di Indonesia.

Tahun 2016, Izzati mengusung visi “JUARA” yang merupakan akronim dari Maju Padu meraih Asa. Asa yang dimaksud adalah menjadi model rohis teknik nasional, Maju berarti pergerakannya progresif, Padu berarti bersinergi, bekerjasama dengan seluruh civitas akademika di dalam maupun elemen di luar FT Undip. Dengan demikian, izzati dapat menjadi role model secara organisasi maupun model persatuan secara ukhuwah islamiyah

Total pengurus Izzati adalah 142 orang dengan rincian 111 orang adalah anggota departemen (dibagi dalam 7 departemen yaitu HRD, BPMAI, Syiar, PR, DKM, Ekobis dan Annisa), anggota non-departemen berjumlah 12 orang dan PH berjumlah 22 org

Beberapa acara besar yang ada Izzati antara lain GOM FT(Grand Opening Mentoring) dan EMF(Engineering Moslem Fair) yang dilaksanakan pada semester ganjil serta TANYA(Tafakur Alamnya Anak Teknik), TR2(Training Rohis 2) yang dilaksanakan pada semeseter genap. Selain itu, ada pula event yang khusus dilaksanakan dalam menyambut bulan ramadhan, yaitu NURANI(Nuansa Ramadhan Teknik). Nurani merupakan rangkaian acara yang terdiri dari lomba, bakti sosial serta kajian.

Selain itu, ada beberapa kegiatan Izzati yang diadakan secara berkesinambungan antara lain Kajian Rutin BI atau Katalisator; Mentoring; Qur’ans Day; Kajian Annisa; dan masih banyak lagi.

“Terpilih menjadi mahasiswa, berarti kita memikul dua amanah:

  1. Amanah orangtua : yakni untuk studi dengan maksimal dan lulus pada waktu yg tepat.
  2. Amanah rakyat : yakni menjadi agen perubahan, membawa manfaat bagi Indonesia. Apapun perannya, sekecil apapun perannya.

Maka buat adik-adik tidak perlu khawatir akan jatuh, karena ada 2 do’a pula yg akan menyangga adik-adik : Do’a Orangtua dan Do’a Rakyat Indonesia.” – Tubagus Naufal Dzaki, Mas’ul Izzati gen 22

“Dan sebaik-baik manusia adalah yg bermanfaat bagi manusia lain” (HR. Thabrani & Daruquthni)

 

Line : @izzatiftundip

Facebook : Izzati Fakultas Teknik Undip

Twitter : @izzatiFTUndip

Instagram : @izzatiftundip

Youtube : Izzati Fakultas Teknik Undip

Website : www.izzati.ft.undip.ac.id