S1 Teknik Lingkungan

TL1
TL2

S1 Teknik Lingkungan berdiri pada 21 Oktober 1998 dan mulai menerima mahasiswa pada semester gasal tahun ajaran 1999/2000. Jurusan yang kegiatan perkuliahannya dilaksanakan di GKB (Gedung Kuliah Bersama) ini sudah terakreditasi A.

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini?
Teknik Lingkungan mempelajari cara-cara menyelesaikan permasalahan lingkungan melalui pendekatan teknik. Tahun pertama mahasiswa mempelajari mata kuliah dasar seperti fisika, kimia, biologi, matematika, dan pengenalan bidang Teknik Lingkungan itu sendiri. Tahun selanjutnya yang dipelajari lebih spesifik lagi yaitu pencemaran udara, pengolahan air, manajemen persampahan, statistika lingkungan, hidrologi, termodinamika, dll.

Bagaimana prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan?
Prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan terbilang luas. Mereka dapat bekerja di sektor pemerintahan seperti Kementrian Lingkungan Hidup, sedangkan di sektor swasta dan BUMN, dibutuhkan di perusahaan yang bergerak dalam bidang minyak dan gas, pertambangan, tekstil, dll. Selain itu, lulusan Teknik Lingkungan dapat bekerja sendiri, misalnya sebagai konsultan lingkungan.

Himpunan Mahasiswa yang menaungi mahasiswa Teknik Lingkungan Undip disebut HMTL (Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan). Ada banyak agenda yang diadakan HMTL diantaranya yaitu Peringatan Hari Bumi, TL Expo, dan POR TL yang diadakan setiap tahun. Terdapat 3 biro di TL Undip, yaitu IPAL (Ikatan Pecinta Alam Lingkungan), KSL(Kelompok Studi Lingkungan), dan Hayatun Nufus.

Baru-baru ini, 2 tim PKM Teknik Lingkungan lolos PIMNAS. Selain itu, tim dari HMTL bersama salah satu alumninya berhasil mendapat juara 3 pada Lomba Inovasi K3 yang diadakan oleh PT.Pertamina RU IV Cilacap.

Untuk info lebih lengkap, silakan follow account twitter @HMTLUndip, dan add official line dengan id @SFV8734J #InfoTeknikUndip.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *