S1 Teknik PWK

IMG_20150823_140340 IMG_20150823_140353

S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Undip berdiri pada tahun 1992, memiliki visi “Pada tahun 2020 Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Undip adalah sekolah perencanaan yang bereputasi internasional”. Kampusnya berlokasi di Seberang Gedung Dekanat Teknik. Hingga saat ini jurusan S1 Teknik PWK Undip telah berakreditasi “A”.

Apa yang dipelajari di Teknik PWK?
S1 Teknik PWK mempelajari cara-cara menghasilkan produk perencanaan mulai dari tahapan-tahapan perencanaan, metode perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi perencanaan, termasuk statistik, pemetaan, geografi, geologi, dan dasar mendesain kawasan dan bangunan, serta software pendukung lainnya.

Bagaimana Prospek kerjanya?
Lulusan Teknik PWK biasa disebut “planner” dan memiliki peluang karir yang sangat luas, dapat berkarir di sektor pemerintah seperti Bappenas, Kemen PU, Kemen ATR, BPPT, BLH, dll. Di sektor swasta dapat berkarir sebagai konsultan, tenaga ahli perencana, Developer, Kontraktor, Pemetaan, dll.

Himpunan Mahasiswa yang menaungi mahasiswa Teknik PWK Undip disebut HMTP (Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi). Kegiatan yang dilaksanakan HMTP antara lain: WFC (Woman Futsal Club) merupakan pertandingan futsal putri pertama di Undip, serta Dipocition yang bakal diselenggarakan November 2015 bertepatan dengan Hari Tata Ruang.
Biro yang terdapat di S1 Teknik PWK antara lain: Almadinah dan Planologeek. Salah satu mahasiswanya berhasil menjadi Delegasi Universitas Diponegoro Untuk Engineering Development Motivation Awarness Training (EDMAT-35) 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia. Ada juga yang menjadi Juara 1 Lomba karya Karya Tulis Populer Dosen & Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Tahun 2013. Pada tahun 2015 ini salah satu dari alumni jurusan ini berhasil menjadi pemenang Putri Indonesia 2015 yaitu Anindya Kusuma Putri.

Untuk berita lebih lengkap mengenai S1 Teknik PWK, dapat follow akun twitterny di @HMTPUNDIP atau add official line dengan id @xnp2338t.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *