Seputar Tembalang

Masjid Kampus Undip, Pusat Kegiatan Islamiyah Menjelang Ramadhan

Masjid Kampus Undip, Pusat Kegiatan Islamiyah Menjelang Ramadhan

Momentumnews – Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan pastinya identik dengan acara – acara islami, tak terkecuali di Masjid Kampus Undip Tembalang. Jum’at (15/05/15) siang, Masjid Kampus Undip  dipenuhi oleh pemuda-pemudi muslim yang mengikuti acara Tafakur Alamnya Anak Teknik (Tanya). Tanya merupakan Training Rohis 2 yang diadakan oleh Izzati FT Undip. Tidak hanya acara Tanya, banyak lagi kegiatan yang menghiasi masjid kampus Undip saat itu.

Maskam (sebutan masjid ini di kalangan mahasiswa Undip) ini juga mempunyai acara rutin seperti wisata ruhani setiap selasa sore, wisata ilmu setiap rabu sore, dan wisata Qur’an setiap kamis sore. “Biasanya Maskam ini acara tahunannya itu PHBI, peringatan hari besar Islam,” ujar Ustad Yasir selaku pengurus dan imam Masjid Kampus. “Dalam waktu dekat ini kita juga ingin mengadakan Tarhib Ramadhan yang bekerjasama dengan taman pendidikan Qur’an se-Tembalang untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan kali ini,” sambungnya.

Banyak juga acara-acara yang telah diagendakan oleh pengurus Maskam untuk meramaikan Ramadhan kali ini seperti Karnaval TPQ, buka bersama dengan anak yatim, dan Vespa (Vestival Anak Panti). “Seperti biasa, kita dari ketakmiran Maskam sendiri menyediakan 350 sampai 400 nasi kotak tiap tahunnya untuk buka bersama selama Ramadhan, dengan donasi dari Undip tentunya,” ujar salah satu pengurus masjid kampus.

Tidak hanya acara yang diadakan Maskam sendiri, banyak juga acara yang telah dijadwalkan oleh lembaga-lembaga dakwah kampus di Undip. “Banyak juga acara yang telah diagendakan oleh lembaga dari Undip sendiri. Seperti Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh rohis D3 yang rencananya diadakan bulan Mei ini,” Kata Ustad Yasir.

“Kami berharap mahasiswa maupun masyarakat sekitar lebih memaksimalkan fungsi dari masjid ini, mulai dari peribadatan hingga acara islami yang diselenggarakan. Dari pihak masjid juga berusaha memaksimalkan fungsi masjid ini, dengan tujuan untuk meramaikan dan menghidupkan kembali kebiasaan umat islam,” sambut Ustad Yasir.

Dari kepengurusan Masjid Kampus Undip juga merasa masih banyak yang harus dibenahi untuk tahun-tahun berikutnya. “Harapan kedepannya kita mampu memperbaiki hal-hal yang kurang dan menjadi lebih baik dari sebelumnya,” kata salah satu pengunjung masjid kampus.

“Kita juga membutuhkan saran-saran dan kritik dari kaum muslimin demi kemajuan masjid kita bersama ini. Agar dapat diperbaiki dari segala aspek yang terlihat,” tutup Ustad Yasir.

Oleh: Muhammad Fajar Mahsa

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seputar Tembalang

More in Seputar Tembalang

#DamaiItuNyata Project: Perdamaian dan Toleransi

adminNovember 30, 2017

Tentang BRT: Dampak Kecelakaan dan Peranan Undip

adminApril 23, 2017

Suasana Undip Kala Liburan

adminDecember 25, 2016

Tembalang Macet, Adakah Solusi?

adminAugust 30, 2016

Siaga Kasus DBD di Kecamatan Tembalang : Tim PBL FKM Gandeng Himpunan Mahasiswa Sipil Undip

adminNovember 29, 2015

Angkot Kuning Undip Kini Tampak berbeda

adminSeptember 26, 2015