Opini

PERAN MAHASISWA DALAM PERUBAHAN

PERAN MAHASISWA DALAM PERUBAHAN

Bulan Mei 1998 adalah masa yang akan selalu diingat oleh bangsa Indonesia. Tujuh belas tahun yang lalu, mahasiswa Indonesia menorehkan sejarah bagi bangsa Indonesia dengan aksi menurunkan Presiden Soeharto, presiden Republik Indonesia ke-II, untuk turun dari kursi presiden. Keadaan Indonesia yang kala itu dilanda krisis yang mengakibatkan runtuhnya ekonomi, menghantarkan mahasiswa pada keberanian untuk menyatukan suara dan mencopot jabatan presiden dari Soeharto.

Peristiwa tersebut tentunya menjadikan citra mahasiswa sebagai agen perubahan dimata masyarakat. Mahasiswa adalah sebuah identitas yang disandang bagi orang-orang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi ataupun universitas. Identitas yang tinggi dikalangan siswa dengan pendidikan dan moral menjadikan mahasiswa sebagai harapan bangsa Indonesia.

Sayangnya, saat ini mahasiswa yang merupakan identitas yang dijunjung lapisan masyarakat sebagai generasi penerus bangsa, dianggap tidak lagi memiliki “taringnya” karena dinilai apatis dengan fenomena-fenomena dari segala aspek yang ada Indonesia, mulai dari fenomena politik, ekonomi, sosial-budaya, serta alam. Mahasiswa di abad 21 dinilai lebih tertarik dengan sosial media yang kini berkembang dan hanyut dalam dunia global sosial media. Padahal, ketika menyandang nama mahasiswa, kita dituntut untuk menjadi “agent of change” yang sekiranya dapat bertindak untuk membawa perubahan bagi Indonesia ke arah yang lebih baik.

Sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa dilakukan bagi mahasiswa agar mampu menghadirkan kebaikan bagi bangsa Indonesia. Mahasiswa dapat lebih tekun belajar dalam proses perkuliahan, sehingga ketika ia lulus maka akan tercipta sumber daya manusia dengan kualitas yang baik. Mahasiswa pun dapat menjadi lebih aktif lagi secara sosial, misalnya dengan menolong sesama dengan mengajar anak tidak mampu sekitarnya, dan banyak contoh kegiatan pengabdian lainnya. Mahasiswa juga dapat menyalurkan bakat serta kemampuan yang dimiliki dengan mengikuti berbagai perlombaan yang ada dan mengharumkan nama bangsa Indonesia. Tidak hanya itu, mahasiswa juga dapat menciptakan berbagai hal atau mencetuskan berbagai gagasan yang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada seperti mengadakan aksi guna menyuarakan aspirasi dengan etika yang baik. Jadi pilihan apa yang akan kalian ambil sebagai mahasiswa Indonesia?

 

Evinsa Injani

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opini

More in Opini

Universitas Diponegoro Menggagas Hybrid Learning Semester Genap 2020/2021

adminApril 4, 2021

Kerugian Masyarakat Papua demi Perluasan Lahan Sawit

adminDecember 20, 2020

Kondisi Kebebasan Pers Pada Lembaga Pers Mahasiswa

adminNovember 2, 2020

Posko Pengaduan UU Cipta Kerja, Cara Undip Menyerap Aspirasi Mahasiswa

adminNovember 2, 2020

Dilema Pilkada 2020 di Tengah Pandemi

adminOctober 10, 2020

Polemik Kata “Anjay”

adminSeptember 21, 2020