Event

Peringati hari Bumi, Jalan-jalan Sambil Pungut Sampah dan Menanam Pohon

Peringati hari Bumi, Jalan-jalan Sambil Pungut Sampah dan Menanam Pohon

Dalam memperingati Hari Bumi pada 22 April yang lalu, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro menyelenggarakan acara Recover Earth 2015. Acara tersebut memiliki tiga rangkaian acara, yaitu jalan sehat dan penanaman pohon, aksi turun ke jalan, dan yang terakhir seminar nasional.

“Kegiatan memperingati Hari Bumi ini, setiap tahunnya memang ada, dan panitianya itu sendiri berasal dari mahasiswa barunya. Jadi bisa dikatakan kegiatan seperti ini itu sebagai pembuktian dari mahasiswa baru di Teknik Lingkungan bahwa mereka sudah dilantik”, ujar Rahmat Tubagus Hakiem selaku Ketua Himpunan Teknik Lingkungan 2015. Pada Sabtu (9/05/15), rangkaian acara perdana yaitu jalan sehat dan penanaman pohon telah berhasil dilaksanakan yang sebelumnya diberi tajuk “We Walk To Waduk”.

Kegiatan “We Walk To Waduk” dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dimulai dengan jalan sehat dari GKB Fakultas Teknik menuju Waduk Undip. Selama jalan sehat ini berlangsung para peserta diharuskan mengambil sampah yang ada di area jalan dan sekitarnya dimana para peserta diwajibkan mengambil minimal dua sampah yang nantinya bisa ditukarkan ke panitia yang telah menunggu di Bundaran Gerbang Undip untuk mendapatkan sebuah kupon. Kupon yang telah ditukarkan nantinya dapat digantikan dengan snack dan pengundian doorprize.

Setelah menukarkan kupon dengan sampah yang telah mereka pungut, para peserta melanjutkan jalan sehat ke arah Waduk Undip. Sebelum sampai ke Waduk Undip, para peserta bersiap-siap untuk menanam pohon. Ketika para peserta jalan sehat sampai pada lokasi penanaman pohon yang berada di depan Rusunawa Undip, para peserta mulai menanam pohon yang telah disediakan panitia. Pohon yang di tanam di sepanjang jalan dari Rusunawa sampai Waduk Undip tersebut berjumlah 30 pohon.

Acara penanaman pohon ini ditujukan untuk penghijauan kampus Undip dengan menanamnya di daerah yang masih kekurangan pohon, seperti di samping jalan baru depan Rusunawa. Acara ini dihadiri oleh Prof. Sudharto, Phd yang merupakan mantan rektor Undip periode 2010-2014. Pak Sudharto juga turut andil dalam acara ini dengan memberikan pengarahan tentang Hari Bumi dan beliau juga ikut serta dalam penanaman pohon. Menurut Pak Sudharto kegiatan yang dilaksanakan tersebut pantas untuk mendapat apresiasi. Di Undip sendiri memiliki berbagai program penataan lingkungan, ada drainase, pengolahan sampah, transportasi kampus dan ruang terbuka hijau. Kegiatan ini menurut beliau menunjang untuk program ruang terbuka hijau.

Setelah acara penanaman pohon selesai para peserta berkumpul di tempat yang telah ditentukan panitia untuk dibagikan snack dengan menukarkan kupon yang telah didapatkan. Kemudian di acara akhir selanjutnya mengundi kupon doorprize sebagai penutup jalan sehat dan penanaman pohon. Doorprize yang diberikan berupa hadiah yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu hadiah ringan, hadiah menengah, dan hadiah utama berupa rice cooker. Setelah pembagian doorprize berakhir kegiatan We Walk to Waduk pun berakhir dan para peserta kembali lagi ke GKB dengan berjalan dari Waduk Undip tersebut.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019