Teknik

TANYA 2015: Awal Pembentukan Karakter Pemimpin Muslim Teknik

TANYA 2015: Awal Pembentukan Karakter Pemimpin Muslim Teknik

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro merupakan fakultas dengan potensi pertumbuhan muslim yang besar. Hal ini akan menjadi sebuah potensi besar perkembangan Fakultas Teknik apabila mahasiswa muslim yang ada dapat terkoordinasi dengan baik. Melihat potensi besar tersebut lembaga Izzati sebagai kerohanian Islam (Rohis) Fakultas Teknik mengadakan TANYA (Tafakur Alamnya Anak Teknik) tiap tahunnya untuk menyiapkan satu angkatan muslim di Fakultas Teknik. Pada tahun ini TANYA hadir kembali untuk menyiapkan angkatan 2014 sebagai kader-kader dakwah terbaik muslim Fakultas Teknik. TANYA 2015 kali ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya karena merupakan rangkaian Training Rohis tingkat dua (TR 2).

TANYA merupakan sebuah pelatihan yang juga sarana untuk tafakur alam. TANYA diselenggarakan oleh Izzati untuk menyiapkan para mahasiswa muslim yang sedang menjalani tahun pertama studinya. Dengan harapan para alumni TANYA siap menjadi agen-agen kebaikan dan pemimpin di Fakultas Teknik maupun di lingkungan masing-masing.

“TANYA adalah awal, aktualisasi sesungguhnya adalah pasca TANYA. Harapannya Alumni TANYA bisa menjadi agen-agen kebaikan dan penggerak di lingkungan masing-masing juga menginspirasi jurusan agar menjadi manusia yang paripurna,” tutur Adam Raka Ekasara selaku Ketua Izzati.

Menurut Adam, TANYA juga merupakan persiapan bagi para calon pemimpin di Fakultas Teknik. Alumni TANYA tidak hanya diplot pada lini rohis, tetapi juga dapat menempati posisi strategis di lini sosial-politik lembaga-lembaga kemahasiswaan. Mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2012 itu juga menambahkan contoh para alumni TANYA angkatan 2012 yang kini telah menjadi pemimpin di lembaga-lembaga kemahasiswaan, seperti Aulia Hashemi Farisi (Ketua BEM FT 2015) dan Pajar Saputra (Ketua SM FT 2015).

Pada tahun ini TANYA kembali diselenggarakan di Bantir, Sumowono. Acara diadakan selama tiga hari mulai Jum’at (15/05) dan berakhir pada Minggu (17/05) dengan jadwal yang padat dan sarat akan makna. Dengan mengusung tema Engineering United, Izzati memberi kepercayaan pada forum muslim angkatan OCEAN13 sebagai panitia pelaksana TANYA 2015.

Kembali difungsikannya TANYA sebagai Training Rohis tingkat dua (TR 2) membuat perekrutan peserta memiliki sertifikasi tertentu sehingga peserta yang terpilih memang memiliki kompetensi. Penyaringan peserta dilakukan agar para peserta yang mengikuti TANYA memang orang-orang terbaik. Penyaringan tersebut juga bermaksud agar ada pemerataan peserta yang berasal dari berbagai jurusan.

Kemudian ada juga produk yang dihasilkan seusai TANYA. Produk utama yang dihasilkan pasca TANYA adalah terbentuknya forum angkatan muslim Fakultas Teknik. Pada TANYA 2015 ini dihasilkan forum angkatan muslim dengan nama Professional and Inspiring Moslem Engineer 2014 (PRIME14). Begitu juga dengan terpilihnya ketua forum angkatan PRIME 14, Hafizhul Haq Al-Hamidi. Mahasiswa S1 Teknik Perkapalan tersebut terpilih menjadi ketua setelah melalui pertimbangan para peserta TANYA 2015 dan rekomendasi dari forum angkatan muslim teknik lain.

Menurut Wildan Abdul Jabbar selaku ketua forum muslim angkatan SUMMER 12, TANYA awalnya adalah sebuah acara yang dulu mulanya adalah Training Rohis 2 yang dikonsep menjadi tafakur. “TANYA ada sejak dari tahun 2001. Awalnya untuk forum ukhuwah dalam lingkup Fakultas Teknik,” ungkap Wildan.

“Pesan saya kepada PRIME 14 adalah senantiasa menjaga ukhuwah dalam angkatan dan diharap mas’ul dan koordinator akhwat selalu menjaga komunikasi satu sama lain dan dengan teman-temannya. Untuk TANYA kedepannya bias menghasilkan output mahasiswa islami yang lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Wildan memberikan pesan terhadap forum angkatan dan acara kedepannya.

Ketua panitia untuk acara TANYA 2015 sendiri adalah Rigo Muhammad Herriza dari S-1 Teknik Mesin angkatan 2013. Menurut Rigo, TANYA tahun ini konsepnya berbeda karena TANYA dan Training Rohis 2 dijadikan satu acara. “TANYA sekarang overall sudah sangat baik, tidak mengulangi kesalahan tahun depan, tetapi malah memunculkan kesalahan baru, hehe,” ungkap Rigo.

Harapan Rigo terhadap forum angkatan muslim Fakultas Teknik yaitu PRIME 14 untuk cepat merangkul ukhuwah mulai dari sekarang dan jadilah angkatan yang lebih baik dari angkatan sebelumnya. “Untuk TANYA tahun depan semoga kesalahan yang dibuat sekarang tidak terjadi kedepannya dan lebih berhasil memberikan output yang baik,” pesan Rigo.

(Momentum/Taqi dan Angga)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Public Hearing X Format 2020 sebagai Forum Dialog Mahasiswa Teknik

adminNovember 16, 2020

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018