Event

Pendidikan Karakter lewat Berqurban

Pendidikan Karakter lewat Berqurban

Perayaan hari raya Idul Adha pada hari Kamis (24/9/2015) disambut sukacita oleh segenap lapisan masyarakat muslim Indonesia, tidak terkecuali oleh warga Fakultas Teknik Undip. Seperti tahun-tahun sebelumnya, momen hari raya qurban tidak dilewatkan oleh puluhan mahasiswa dengan melakukan tradisi penyembelihan hewan kurban yang terdapat di jurusan dan di Fakultas Teknik. Beberapa jurusan yang melakukan penyembelihan secara mandiri diantaranya Teknik Mesin, Teknik Arsitektur dan Teknik Planologi. Sedangkan beberapa jurusan yang tergabung dalam wadah Fakultas Teknik yang dikoordinasi oleh Izzati dilakukan di pelataran masjid Baitul Ilmi kampus Fakultas Teknik. “Acara ini merupakan program kerja departemen Syiar Izzati yang bersifat tahunan, tujuannya adalah untuk mewadahi seluruh masyarakat Fakultas Teknik untuk melaksanakan ibadah qurban. “Tahun ini memang Izzati mendorong untuk jurusan agar bisa melakukan penyembelihan di tempat jurusan masing-masing,” terang Harun selaku ketua pelaksana kegiatan penyembelihan kurban.
Rangkaian acara dengan tema ‘Qurban Tanda Cinta’ dibuka pukul 08:30 WIB. Aktivitas penyembelihan hewan qurban dengan jumlah keseluruhan adalah 8 kambing dimulai sekitar pukul 09:30 WIB. Setelah melalui semua proses pemotongan yang tugasnya sudah dibagi per pos-pos selesai sekitar pukul 12:00 WIB, lalu menurut Harun, untuk distribusi daging kurban sebagian diserahkan kepada yayasan dari kerabat bapak Abdullah dan sebagian lagi diserahkan kepada badan ZIS.
Perlu dicatat, ada yang berbeda dalam kegiatan qurban tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Ditengah tengah pemotongan daging kurban di sekitar masjid Baitul Ilmi, terdapat proses kajian untuk mata kuliah Pendidikan Agama Islam jurusan Teknik Kimia yang diampu oleh bapak Abdullah. Proses pengampuan mata kuliah ini adalah dengan cara kajian, lalu prakteknya dilakukan dengan pemberian daging qurban kepada masyarakat sekitar. Beliau memasukkan unsur praktek ke dalam mata kuliah karena menurut beliau ini salah satu cara memenuhi SK Rektor tentang pendidikan karakter yang dimasukkan ke dalam SKS. Hal ini juga dipicu oleh rasa menyayangkan dan sikap prihatin dari Pak Abdullah mengenai tingkat antusiasme dari mahasiswa untuk kegiatan non akademis yang setiap tahunnya yang memiliki kecenderungan menurun. “Memang tidak bisa disalahkan bahwa mahasiswa memilih untuk lebih mengurus kesibukan di bidang akademik, oleh karena itu perlu ada kolaborasi hubungan antara kegiatan praktek yang bersifat ekstra dengan SKS di mata kuliah yang contohnya seperti sekarang ini,” ujar pak Abdullah.
Ditanya tentang keberatan dari mahasiswa, pak Abdullah menegaskan bahwa hal ini tidak memberatkan mahasiswa karena kegiatan ini tidak bersifat wajib dan memaksa. Beban SKS memang ada namun untuk yang berhalangan hadir akan ada pengganti kuliah yang sifatnya sama yaitu praktek dan tujuannya juga sama, yaitu menciptakan mahasiswa yang memiliki karakter.
Harapan pak Abdullah tentang acara penyembelihan hewan qurban dengan disertai pendidikan karakter adalah mahasiswa memiliki aspek sikap yang diantaranya harus peduli dan harus berakal dan berakhlak serta memanusiakan manusia. Beliau menginginkan proses pendidikan karakter yang meliputi pengajaran, pendidikan, keteladanan bisa diterapkan di semua jurusan di Fakultas Teknik bahkan kalau bisa di diaplikasikan oleh seluruh jurusan di Undip. Beliau juga menekankan tentang pentingnya kegiatan ekstra sebagai dasar membentuk karakter mahasiswa yang nantinya terjun langsung ke dalam masyarakat.
Caesar Hergi P

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019