Teknik

Ramai Pemilihan Raya BEM FT 2016, Bagaimana Pemilihan Senator?

Ramai Pemilihan Raya BEM FT 2016, Bagaimana Pemilihan Senator?

1449018957123
Selasa (10/11/15) sampai Senin (21/12/2015) merupakan tenggat waktu pemilihan BEM FT 2016. Selain pemilihan raya BEM FT yang ramai diperbincangkan ada juga pemilihan raya senator FT. Senator adalah perwakilan mahasiswa di Fakultas Teknik sebagai lembaga legislatif dan senator itu adalah orang-orang yang dipercaya serta dipilih oleh tiap himpunannya untuk membawa aspirasi dari setiap himpunannya. Dimana nanti terkumpul dalam suatu wadah yang bernama Senat Mahasiswa Fakultas Teknik.

Pemilihan raya senator bebeda dengan pemilihan raya BEM FT, dimana pemilihan BEM FT dipilih langsung oleh seluruh mahasiswa, sedangkan senator berbeda dengan adanya beberapa tahap. “Tahap pertama dalam pemilihan senator adalah himpunan mendelegasikan perwakilannya kepada panlih,” ungkap Pajar Saputra ketua SM FT 2015. Lalu setelah tahap pendelegasian selanjutnya adalah verifikasi berkas dan penetapan delegasi tiap himpunan 2-3 orang untuk SM FT 2016 sesuai yang tertulis di dalam Juknis Pemira FT 2015. Setelah verifikasi berkas dan penetapan senator adalah sidang senator yang merupakan sidang internal dimana penetapan ketua dan wakil ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik dengan
cara musyawarah oleh seluruh delegasi tiap himpunan yang telah ditentukan.

Untuk syarat menjadi ketua dan wakil ketua senator berbeda dengan syarat ketua dan wakil ketua BEM FT, jika syarat ketua BEM ada pada juknis pemira sedangkan syarat untuk memilih ketua dan wakil ketua senator muncul saat sidang senator itu sendiri. Seperti contoh syaratnya mengetahui sistem legislatif, minimal lulusan LKMM D, pernah menjabat sebagai fungsionaris lembaga atau pengurus SM FT 2015, dan lain sebagainya yang diputuskan saat sidang senator.

Proses pertama kali dilakukan untuk memilih senator adalah pendelegasian oleh setiap himpunan di Fakultas Teknik untuk diberikan kepada panlih. Pendelegasian oleh setiap himpunan untuk senator harus benar-benar diperhatikan. “Karena orang yang didelegasikan oleh himpunan adalah orang-orang yang khusus, mereka merupakan orang terpercaya yang didelegasikan oleh himpunan. Diharapkan yang didelegasikan oleh himpunan adalah salah satu orang terbaik di himpunannya, dikarenakan selain menjadi perwajahan untuk himpunannya mereka juga menempati peran strategis di Fakultas. Jika bisa diadakan open recruitment untuk pendelegasian senator oleh tiap himpunan, diharapkan jangan sampai hanya sebatas penunjukan saja tidak ada persaingan untuk menjadi senator di Fakultas,” tutupnya.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018