Teknik

Dilema SIA saat Pengisian KRS

Dilema SIA saat Pengisian KRS

login SIA

Salah satu situs yang paling pokok bagi mahasiswa Undip adalah Sistem Informasi Akademik atau biasa disebut SIA. SIA merupakan portal dimana seluruh mahasiswa gunakan untuk melihat Kartu Hasil Studi (KHS) dan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Dengan kata lain SIA sangat penting dan harus bisa diakses kapan saja agar mahasiswa bisa mengetahui informasi dari kedua komponen tersebut. Tetapi jika SIA bermasalah apa yang akan terjadi?

Baru-baru ini jika kita masuk ke situs https://sia.undip.ac.id/ akan menuju tampilan login yang biasa kita lihat. Tetapi yang akan terjadi setelah kita memasukkan username, password, dan chaptca dengan benar, maka akan ada notifikasi di atas username dengan tulisan “sementara hanya bisa diakses dari jaringan komputer di lingkungan kampus Universitas Diponegoro”. Dengan adanya notifikasi semacam itu maka untuk membuka situs itupun mahasiswa harus menuju ke kampus Undip untuk membuka SIA. Lalu apakah untuk pengisian KRS dan melihat KHS mahasiswa harus ke Undip terlebih dahulu untuk membuka SIA?

Pembantu Dekan IV, Jati Utomo Dwi Hatmoko, ST., MM., MSc., PhD. mengatakan bahwa permasalahan SIA berawal dari gangguan listrik sebulan yang lalu dan berimbas kepada jaringan di Undip yang menyebabkan segala koneksi di Undip melambat dan terbatas. Faktor yang lain adalah orang yang seharusnya mengontrol jaringan Undip sedang mempersiapkan ujian tesisnya besok Kamis. “Jadi untuk sementara belum bisa diakses di luar dan akan diusahakan secepatnya diperbaiki karena idealnya semua sarana dan prasarana Undip khususnya SIA bisa diakses dimana saja, tidak harus melalui Undip,” ungkap Pak Jati .

Pak Jati juga menegaskan bahwa akan selesai sebelum pengisian KRS berlangsung agar tidak mengganggu mahasiswa yang sedang di luar kota maupun di luar pulau Jawa. “Akan kita usahakan agar bisa selesai secepatnya. Jika belum bisa tepat waktu terpaksa mahasiswa yang sedang tidak di Semarang bisa minta tolong temannya untuk mengisikan KRS,” ungkap Pak Jati . (Angga, Umi)

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018