Teknik

Sudah Siapkah Sekolah Vokasi Undip?

Sudah Siapkah Sekolah Vokasi Undip?

Universitas Diponegoro (Undip) pada tahun 2017 nanti akan memiliki sebuah program studi baru. Program studi yang dimiliki Undip pada tahun 2017 nanti ialah sekolah vokasi. Mungkin bagi sebagian dari kita Sekolah Vokasi tidak asing lagi didengar. Pasalnya, Universitas Gajah Mada atau yang dikenal dengan UGM telah memiliki sekolah vokasi pada tahun 2008.

Sekolah Vokasi Undip merupakan sebuah program pendidikan profesional yang akan menghasilkan lulusan yang siap kerja. Hal ini sesuai dengan visi 2020 dimana Undip akan menjadi universitas riset sehingga program pendidikan riset dan program pendidikan profesional dipisahkan namun dalam penggelolaannya Sekolah Vokasi dan program studi riset tetap bernanung dalam naungan Undip.

Sekolah Vokasi ini akan resmi dimulai pada tahun 2017. Dimana program studi ini akan menyiapkan para lululusannya tidak hanya siap kerja tetapi juga mumpuni di bidangnya. Sebagaimana dijelaskan oleh Ir. Zainal Abidin MT selaku Kepala Program Diploma bahwa para lulusan Sekolah Vokasi Undip akan memiliki Gelar Sarjana Terapan (S.Tr) berdasarkan surat keputusan KEMENRISTEK yang ditelah diterima di Tahun 2015.

”Gelar Sarjana Terapan ini tidak sama dengan gelar bagi lulusan D4 yang merupakan gelar Sarjana Sains Terapan. Dimana gelar Sarjana Sains Terapan ini merupakan gelar sarjana atas konsentrasi ilmu terapan di bidangnya. Gelar sarjana terapan ini Juga diatur dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 888/E.E3/MI/2014 ,” Jelas Ir. Zainal Abidin MT. Beliau juga menambahkan bahwa Sekolah Vokasi nantinya akan berlokasi di area Program Diploma.

Sekolah Vokasi juga telah memiliki kurikulum pendidikan sendiri yang berbeda dengan kurikulum S1. Dimana kurikulum ini lebih untuk diaplikasikan ke Industri dan nantinya mahasiswa vokasi akan menjalani praktek kerja selama 6 bulan agar lebih menguasai ilmu yang ada pada industri. Sedangkan menurut Yanfa’uni Ade selaku MWA Undip Unsur Mahasiswa, untuk UKT akan diatur berdasarkan hasil BKT-BOPTN namun mengingat Undip telah menjadi PTN-BH tentunya akan ada perbedaan mengenai UKT nantinya.

Momentum/Tedy

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Public Hearing X Format 2020 sebagai Forum Dialog Mahasiswa Teknik

adminNovember 16, 2020

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018