Event

Harapan dan Tanggapan yang Diberikan Birokrasi dan Mahasiswa dalam Kontes Robot Indonesia (KRI)

Harapan dan Tanggapan yang Diberikan Birokrasi dan Mahasiswa dalam Kontes Robot Indonesia (KRI)

GAMBAR

Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional III Jateng, DIY, dan Kalimantan merupakan kompetisi tahunan yang mempertandingkan robot-robot hasil karya mahasiswa Perguruan Tinggi di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan. Kegiatan tahunan ini juga menjadi ajang silaturahmi yang mempertemukan seluruh tim serta universitas yang berada di Jateng, DIY dan Kalimantan. Berbagai universitas ternama di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Kalimantan juga turut ambil bagian dalam event tersebut. Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Negeri Semarang, serta Universitas Diponegoro merupakan sederet universitas ternama di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Kalimantan yang mengikuti event tersebut.

Pada Tahun 2016 ini pelaksanaan kompetisi robot ini diselenggarakan di Universitas Diponegoro Semarang yang mengambil arena perlombaan di Auditorium Imam Bardjo Undip Pleburan. Undip sendiri mengirimkan lima tim dengan kategori berbeda yaitu BANDHAYUDHA untuk kategori KRAI (Kontes Robot ABU Indonesia), EWS ANDROMEDA untuk kategori KRPAI berkaki (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia), EWS BARRACUDA untuk kategori KRPAI Beroda (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia), EWS-BASCORRO untuk kategori KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia), dan MCA-CHARISSA untuk kategori KRSTI (Kontes Robot Seni Tari Indonesia). Kegiatan berlangsung selama tiga hari pada 21-23 April 2016, sedangkan perlombaan sendiri dimulai pada Sabtu (23/4/2016).

Harapan serta tanggapan dari Kontes Robot Indonesia (KRI) ini sendiri bermuncul mulai dari pihak birokrasi hingga mahasiswa itu sendiri. Salah satu harapan dan tanggapan berasal dari Dekan Fakultas Teknik Ir.  Agung Wibowo, selain apresiasi beliau juga menjanjikan untuk membentuk Robot Club. KRI sendiri sudah merupakan sebuah event yang yang sudah menjadi kalender wajib bagi mahasiswa Undip untuk diikuti setiap tahunnya.

“Sangat positif. Terima kasih sudah ada yang peduli dan ikut berpartisipasi. kita akan dorong terus dan beberapa pemikiran stategik akan kita dorong terus, dalam artian ide ide strategik mungkin nanti kita akan berikan hibah hibah penelitian khusus tentang robot agar sustainablity-nya terjamin. Kita akan bentuk masyarakat Robot Club yang diperuntukan untuk menampung keinginan dari masyarakat yang memang sudah suka robot dan dari akademisi merupakan sebuah tantangan untuk menciptakan hal yang lebih menarik,” tukas beliau.

Harapan positif serupa juga muncul dari ketua tim KRI Undip yaitu Willy Noorasheed. “Harapannya setiap tahunnya selalu berkembang mulai dari segi pendanaan, fasilitas yang diberikan oleh universitas. Soalnya kita kan delegasi dari Undip, kita kan bawa nama besar Undip dan fakultas Teknik. Harapan dari saya kedepannya lebih diperhatikan lagi dari segi fasilitas dan pendanaannya soalnya kita kan lomba robotic tidak hanya membutuhkan dana sedikit, kita risetnya tinggi,” ujar Willy.

Selain dari harapan dan tanggapan yang disampaikan oleh pihak birokrasi dan mahasiswa, dalam kesempatan ini pihak universitas juga telah memberikan dukungan yang maksimal, dimana support soal pendanaan dan fasilitas telah diberikan walaupun belum keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh tim yang berlaga. Pihak birokrasi dan mahasiswa memiliki harapan dan tanggapan positif yang hampir sama terhadap ajang tahunan ini, semoga dapat berkembang dari tahun ke tahun baik segi prestasi atau pendanaan yang ada.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019