Prestasi

Lagi, Antawirya Harumkan Nama Undip di Kancah Internasional

Lagi, Antawirya Harumkan Nama Undip di Kancah Internasional

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro kembali mencetak prestasi membanggakan. Pada awal Maret ini, mobil hemat energi Antawirya karya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Universitas Diponegoro Semarang masuk peringkat lima besar pada kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2016 di Manila, Filipina. Ajang yang berlangsung pada 3-6 Maret 2016 tersebut diikuti 118 tim yang berasal dari 17 negara di Asia, Afrika dan Australia.

Tim Antawirya mampu menempati peringkat 5 dalam ajang tahunan yang diadakan perusahaan Shell pada kategori urban concept dengan bahan bakar bensin (gasoline). Peringkat ini diraih oleh mobil yang diberi nama Jessica setelah memperoleh efisiensi tertinggi 77 km/liter. ”Jadi yang urban gasoline itu diperoleh setelah lolos technical inspection kita ada empat kali percobaan di track-nya,” ujar Radityo selaku manager tim Antawirya.

Pada ajang tersebut Antawirya Undip mengirimkan dua mobil untuk dua kategori, yakni Jessica pada kategori Urban Concept gasoline dan Sylvia untuk kategori Prototype gasoline. Untuk personelnya yang berangkat ada 16 orang di dalam paddock dengan 8 orang pada masing-masing mobil, adapula 6 orang pers dan 5 personel supporting dari luar paddock. Dan pencapaian masing-masing mobil, sambung Radityo, diperoleh peringkat lima untuk urban concept gasoline sedangkan untuk kategori prototype gasoline baru bisa menyelesaikan sembilan dari sepuluh tahap technical inspection. “Hasilnya itu nomer 1 UI, nomer 2 dari Filipina, 3 dari Vietnam, 4 Indonesia, 5 Indonesia. Yang di bawah kita pun masih ada dari China, Thailand dan Mesir, peringkat 6 ke bawah itu kita mampu mengalahkan mereka,” imbuhnya.

Pada dua kategori tersebut, mobil harus melewati uji teknis (technical inspection) dan keselamatan (safety inspection) sebelum berpacu dalam lintasan. “Jadi sebelum perlombaan mulai race itu ada sepuluh tahap technical inspection. Ketika mobil itu sudah dinyatakan lolos sepuluh tahap technical inspection dan safety inspection baru boleh berlomba di lintasan,” terang Radityo.

Hasil pada tahun ini cukup membanggakan dengan peningkatan efisiensi bahan bakar pada kategori urban concept gasoline dari tahun sebelumnya. Pengalaman tersebut menurut Radityo akan dijadikan evaluasi untuk kompetisi selanjutnya. Ajang selanjutnya yang terdekat ada kompetisi serupa pada Oktober nanti untuk tingkat nasional di Yogyakarta.

“Kita ini sedang dalam tahap open recruitment intern untuk persiapan riset dan pengembangan mobil dalam persiapan kompetisi nasional Oktober tahun ini sama kompetisi Internasional yang di bulan Maret tahun depan di Singapore,” beber Mahasiswa Teknik Mesin itu.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

Berpertasi dan Mengabdi Kepada Masyarakat:Mitigasi dengan Virtual Reality

adminNovember 25, 2020

Prestasi Mahasiswa Teknik Industri dalam Inovasi Produk Ergonomi

adminNovember 25, 2020

Undip Berlaga di PIMNAS 33

adminNovember 13, 2020

Si Emas dari Bali

adminOctober 23, 2020

Mengukir Prestasi Lewat Karya Tulis

adminOctober 9, 2020

NGOBROL SEPUTAR MAHASISWA BERPRESTASI BARENG AMANDA MARGARETH

adminSeptember 25, 2020