Teknik

Sejarah Fakultas Teknik Undip

Sejarah Fakultas Teknik Undip

12344

Berdirinya Fakultas Teknik Universitas Diponegoro diawali dengan dibukanya Akademi Teknik pada tanggal 20 Oktober 1958 yang awalnya berdiri sejak 9 Januari 1957. Pada saat perayaan Dies Natalis ketiga 9 Januari 1960, Ir.Soekarno mengubah nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro. Pada tanggal 15 Oktober 1960 , Akademi Teknik berganti nama menjadi Fakultas Teknik dengan Dekan pertama Prof., Ir., Soemarman.

Awal perkuliahan dilaksanakan pada sore hari dengan meminjam gedung di sekitar Tugu Muda (saat ini menjadi gedung Wisma Perdamaian), yang kemudian dipindahkan ke Jl.MT.Haryono No.427 milik Pepekuper Teritorium IV. Selanjutnya berpindah ke “Gedung Putih” di Kampus Peleburan Jl.Hayam Wuruk. Lalu,pada tahun 1996 sampai dengan sekarang Kampus Fakultas Teknik Undip berada di Tembalang, yang awalnya dibangun melalui Six Universities Development and Rehabilitation Sub Sector Project.

Dilansir dari ft.undip.ac.id, Jurusan Teknik Sipil menjadi jurusan pertama bersamaan dengan berdirinya Fakultas Teknik Undip. Kemudian disusul dengan dibukanya jurusan Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro,Teknik Perencanaan Wilayah & Kota, Teknik Industri, Teknik Lingkungan , Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi , Sistem Komputer dan yang terakhir Program Diploma Teknik.

Fakultas Teknik Undip berada pada kawasan seluas 84,8 ha atau lebih dari 1/3 luas kampus UNDIP di Tembalang. Luas tersebut terbagi meliputi jurusan Teknik Sipil seluas 7.706 m2,  Arsitektur 4.125 m2, Teknik Kimia 3.298 m2, Teknik Mesin 4.969 m2, Teknik Elektro 3.621 m2, P.W.K 1.500 m2, Teknik Industri 800 m2, Teknik Lingkungan 690 m2, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi dan Sistem Komputer seluas 5.000 m2. Sementara Program D3 4.500 m2, dan LPPU-UNDIP seluas 10.655 m2.

Pada tahun 2005 dilaksanakan pembangunan gedung baru yaitu gedung kuliah bersama tiga lantai yang dipergunakan untuk proses belajar mengajar jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi dengan dana BMOM. Tahun 2007 hingga 2009 telah dibangun gedung kuliah bersama untuk program studi Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi dan Sistem Komputer dengan dana DIPA Fakultas Teknik Undip. Pada tahun 2010, dibangun gedung kuliah tiga lantai bantuan PT. Pertamina (PERSERO) yang digunakan untuk Program Studi Teknik Geologi . Terakhir pada tahun ini telah dibangun Gedung Dekanat Fakultas Teknik yang baru.

Sejak bulan April 2005 Fakultas Teknik mengoperasikan jaringan fiber optic yang menghubungkan Gedung Dekanat Fakultas Teknik ke seluruh jurusan yang ada di Fakulas Teknik. Empat perangkat server digunakan untuk mengoperasikan sejumlah aplikasi berbasis WEB, antara lain Sistem Informasi Akademik, Perpustakaan online, Sistem Informasi Eksekutif dan Sistem Informasi Kepegawaian. Aplikasi tersebut terkoneksi dengan internet serta dapat diakses lewat SMS, sehingga mahasiswa  dan orang tua dapat menanyakan nilai ujian secara langsung melalui SMS, serta dapat mengisi KRS secara online. Aplikasi Cyber Campus tersebut sangat bermanfaat bagi segenap civitas akademika dan diharapkan dapat memberikan pelayanan dengan lebih efisien dan efektif dalam rangka menunjang kinerja Fakultas Teknik menjadi lebih berkualitas. (Momentum/Ardining)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018