Coretan Teknik

Setiap Orang adalah Public Figure

Setiap Orang adalah Public Figure

brand

Public Figure merupakan sosok yang penting dan dikenal oleh banyak orang. Mungkin banyak dari kita saat mendengar kata public figure langsung berpikir tentang artis, penyanyi, pesinetron, dan yang sering muncul di layar kaca. Tapi tahukah kamu bahwa diri kita sendiri merupakan public figure? Setiap orang adalah public figure untuk dirinya sendiri dan orang-orang yang ada disekitarnya.

Banyak orang yang belum menyadari skill dan potensinya sebagai public figure. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu kenali diri sendiri sebagai seorang individu. Maksudnya seseorang harus mengetahui skill dan kelebihan yang mereka miliki. Selanjutnya adalah branding diri dihadapan orang lain agar mereka juga bisa mengenal dan mengetahui kemampuan kita. Personal branding merupakan sebuah gambaran atau perwujudan dari diri sendiri yang ditunjukkan kepada orang lain agar orang lain dapat mengenal kita seperti apa yang kita inginkan. Langkah-langkah dalam membangun personal branding, diantaranya :

1.        Mengetahui passion diriKita harus memberikan branding diri sesuai hal yang mencerminkan diri kita. Apa yang ingin dilakukan dan apa yang benar-benar mengekspresikan diri sendiri.  Misalnya, jika seseorang ingin menjadi pembicara, maka cara memasarkan dirinya adalah sebagai seseorang dengan kemampuan berbicara di depan umum dan ambisi di bidang public speaking.

2.        Membangun Jaringan SosialMembuat profil diri yang mencerminkan passion di jejaring sosial. Caranya dengan memposting status atau hal yang kita sukai di sosial media seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya.

3.        Membuat planning untuk diri sendiriMembuat planning diri sendiri dengan cara mulai membuat keputusan dan rencana dalam karir yang sejalan dengan passion kita.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari personal branding, yaitu reputasi dan kepercayaan. Personal branding juga membangun image diri kita di mata orang lain, kredibilitas dan persepsi yang bagus. Selain itu,  personal branding juga bisa dimanfaatkan lebih jauh seperti endorsement. Semakin banyak dikenal, kita akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain atau bahkan dimanfaatkan sebagai erdorsement yang dapat menghasilkan keuntungan.

Zanjabila Aulia

S1 Teknik Industri

 

[slideshow_deploy id=’3342′]

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Inovasi UMKM Sayur dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19

adminDecember 4, 2020

Progresivitas Lembaga Pers dalam Mengontrol Opini Warga Teknik

adminDecember 4, 2020

Review Novel Crying Winter

adminNovember 25, 2020

Keberlanjutan UKT Undip

adminNovember 16, 2020

Aksi Boikot Produk Prancis

adminNovember 16, 2020

Depresi Besar Amerika “Tanpa Sengaja” Menciptakan Tren Pakaian dari Bahan Karung

adminNovember 2, 2020