Coretan Teknik

Pentingkah Berorganisasi?

Pentingkah Berorganisasi?

Kehidupan mahasiswa menyimpan berjuta peluang dan manfaat.  Waktu yang paling tepat untuk bisa mengaktualisasikan diri dan mengembangkan kemampuan dengan sebebas-bebasnya ada pada masa-masa kuliah. Sejak awal kuliah para mahasiswa baru dikader oleh seniornya untuk memahami betul bahwa ketika kuliah banyak sekali organisasi kampus yang bisa menjadi tempat belajar mereka untuk bisa meningkatkan soft skill maupun hard skill yang tidak diajarkan dalam kelas.

Dalam kehidupan perkuliahan, kita akan menemui beragam organisasi, komunitas dan wadah-wadah minat dan bakat lainnya baik pada tingkat  jurusan, fakultas maupun universitas, yang bergerak di bidang olahraga, seni, kerohanian, jurnalisme, wirausaha, pecinta alam, keilmuan, dan sebagainya. Pandangan setiap mahasiswa tentang berorganisasipun berbeda-beda. Ada yang merasa dengan terjun di dunia organisasi maka akan menguras pikiran, tenaga dan mengambil porsi waktu mereka untuk  fokus pada akademik.  Ada juga yang beranggapan bahwa tanpa berorganisasi sekalipun mereka sudah bisa melatih soft skill mereka sendiri. Namun tidak sedikit mahasiswa yang lebih memilih untuk berorganisasi dengan motivasi untuk mengasah soft skill yang sesuai dengan passion-nya, menambah jaringan pertemanan atau mencoba pengalaman baru. Padahal berorganisasi sangat bermanfaat bagi kita. Belajar berorganisasi sama dengan belajar banyak hal, diantaranya:

  1. Mencari passion. Mengerjakan sesuatu akan lebih mudah dan menyenangkan apabila sesuai dengan kemampuan minat dan bakat kita.
  2. Belajar memanejemen diri sendiri dan orang lain. Mengatur waktu kapan kita harus mengerjakan tugas, menyelesaikan tanggung jawab di organisasi dan
  3. Mengasah kreativitas dengan banyak belajar. Tanpa disadari kita akan mendapatkan banyak pelajaran baru setiap mengerjakan suatu hal.
  4. Melatih public speaking. Berbicara sangatlah mudah, namun tidak semua orang dapat berbicara dengan lancar apalagi didepan banyak orang.
  5. Melatih Manusia adalah makhluk sosial yang saling bergantung satu sama lain. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, bantuan dari orang lain akan sangatlah membantu ketika kita dalam kesulitan.
  6. Bergabung dengan organisasi akan memberi banyak kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang yang menginspirasi.

Sebenarnya masih banyak lagi hal positif lainnya yang didapatkan dengan ikut berorganisasi. Karena organisasi merupakan wadah untuk bisa menyampaikan aspirasi, keinginan, serta mencapai berbagai tujuan dari apa yang diinginkan. Memang tidak ada salahnya mahasiswa lebih memilih untuk fokus di akademik karena mereka pun tahu tujuan mereka kuliah adalah bentuk pertanggungjawaban kepada orang tua yang telah membiayai kuliahnya.  Akan tetapi hal yang perlu kita ketahui adalah manfaat dari berorganisasi tidak bisa kita ukur secara formal, dengan sendirinya kita akan melihat metamorfosa diri kita sendiri menjadi seseorang yang berbakat dan mengetahui kemampuan terbaik kita.

Oleh : Bryan Pratisia/Sistem Komputer 2014

View Comments (2)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021