Coretan Teknik

WICA (Wiper Car Automatic) Wiper Otomatis Karya Mahasiswa Undip.

WICA (Wiper Car Automatic) Wiper Otomatis Karya Mahasiswa Undip.

WICA yang merupakan nama dari suatu alat dan merupakan program kreativitas mahasiswa yang telah didanai dikti. Kelompok PKM WICA terdiri dari Maulana Mukhtarin sebagai ketua kelompok dan 4 orang anggota yaitu Laili Syarafina, Muazzam Fakhri Suni, Aditya Budianto, dan Ravenda Hikmatyar. Kelimanya merupakan mahasiswa jurusan D3 Teknik Elektro Universitas Diponegoro.

Pada umumnya alat pembersih kaca pada mobil atau yang disebut wiper digerakan dengan cara manual yaitu dengan menekan suatu tombol. Seiring adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kelima mahasiswa Undip tersebut membuat sebuah karya inovasi otomatis pada wiper.

Alat ini akan bekerja otomatis dengan sensor air dan juga sensor debu, sehingga apabila terdeteksi air maka wiper akan menyala otomatis, sedangkan apabila ada kotoran atau debu maka water pump akan menyala terlebih dahulu, dan kemudian wiper yang akan menyala.

Karya ini diharapkan bisa dikembangkan lebih lanjut sehingga akan menghasilkan produk unggulan pada wiper mobil. (Maulana/D3-Teknik Elektro)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

PRIHATIN KARENA KURANGNYA EDUKASI KESELAMATAN, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA MENGETAHUI KESELAMATAN SAAT BERADA DI KAPAL DAN TEMPAT KERJA

adminFebruary 15, 2021

Mahasiswa KKN UNDIP Penuh Ide! Sulap Sampah Plastik Jadi Alternatif Batu Bata

adminFebruary 14, 2021

COVID-19 Masih Melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP Gencarkan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Touchless Otomatis

adminFebruary 14, 2021

Mahasiswa KKN Undip : Masterplan “Kawasan Tangguh Covid-19” sebagai Arahan Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi

adminFebruary 14, 2021

Tanpa Modal, Mahasiswa KKN Undip Buatkan WebGIS Rute Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Untuk Kelurahan Kramas

adminFebruary 12, 2021

Taman Permata Tembalang – Rekomendasi Desain Ruang Terbuka Publik untuk Mewadahi Aktivitas Fisik Masyarakat RW 5 Kelurahan Kramas

adminFebruary 11, 2021