Teknik

DYL 2017, Mengabdi kepada Masyarakat dan Lingkungan

DYL 2017, Mengabdi kepada Masyarakat dan Lingkungan

Diponegoro Youth Leader (DYL) salah satu rangkaian kegiatan Orientasi Diponegoro Muda (ODM)  di Fakultas Teknik, yang diadakan oleh BEM FT Undip dan merupakan kegiatan terakhir dari ODM yang diadakan lagi setelah dua tahun yang lalu. Konsep DYL tahun ini mengambil dan menggabungkan dari beberapa konsep dua tahun sebelumnya dan konsep baru seperti: kaderisasi mahasiswa, penerimaan mahasiswa baru, menanamkan nilai-nilai Pancasila, dan pengabdian masyarakat. Pada tahun sebelumya, 2016, DYL tidak diadakan karena waktu pelaksanaan yang bentrok dengan LKMMD FT dan lokasi-lokasi di Undip dipergunakan untuk tes CPNS.

Diadakan pada Sabtu (10/9) dengan pembukaan acara bertempat di LPPU Undip. Acara pembukaan diawali dengan sambutan ketua panitia dan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik. Pembukaan diakhiri dengan memotong pita Selamat Mengabdi.

DYL memang tidak lepas dari nilai pengabdian, karena DYL tahun ini tidak mengambil tema resmi hanya menetapkan nilai-nilai pengabdian dan nasionalis para mahasiswa. Kegiatan pengabdian berlangsung dengan mahasiswa di tempatkan di berbagai spot, seperti di Jalan Timoho, Sirojudin, Jurang Belimbing, Baskoro, dan Waduk Undip.

“Tadi aku dapet di Timoho, jadi di satu wilayah itu ada berbagai kelompok. Lalu nanti dibagi jadi dua, yang satu nanem biopori dan satunya lagi melakukan pengecatan di polisi-polisi tidur. Ga hanya itu sih kak, kita juga bersih-bersih sampah dan menanyakan ke warga apa masalah yang sering terjadi di sekitar,” terang Anin salah satu peserta DYL.

Setelah melakukan rangkaian kegiatan para peserta mengadakan diskusi bersama dari masalah yang paling banyak dan sering ditemui. Semisal di daerah Timoho masalah yang paling sering ditemui adalah mahasiswa yang sering ngebut di daerah tersebut. Lalu mereka akan mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Kegiatan yang baru di DYL tahun ini adalah diadakannya UKM Expo saat penutupan acara di UPT Laboratorium Terpadu Undip. UKM Expo berfungsi untuk mengenalkan mahasiswa baru apa saja UKM di Undip agar para mahasiswa dapat mengembangkan passion-nya masing-masing. Juga adanya orasi dari Bidang Sosial Politik BEM FT Undip untuk menambahkan semangat dan rasa nasionalis para Mahasiswa Baru.

“DYL juga merupakan grand opening dari kaderisasi dan pesta kaderisasi, kita menekankan kepada mahasiswa baru agar tidak memandang kaderisasi itu sesuatu kegiatan yang  menakutkan. Dan aku juga berharap agar mahasiswa baru merasa senang telah disambut oleh para Senior dengan diadakan kegiatan ini,” harap Azhar Taufiqurahman selaku  Kadiv Edukasi Bidang PSDM BEM FT dan konseptor rangkaian ODM FT.

Di balik kegiatan ini terdapat kendala dari internal sendiri karena diadakan saat kuliah sudah berlangsung, maka panitia-panitia sudah sibuk dengan urusan kuliah masing-masing dan susah untuk dikumpulkan.

“Dan yang terakhir, yang paling penting dari acara ini adalah para peserta dapat mengambil nilai esensi-esensi dan menerapkan di kehidupan sehari hari,” ungkap Azhar Taufiqurahman.

(Momentum/Vinia Anida & Adi Setyo Nugroho)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018